Pesawat Rombongan Wakapolda Papua Ditembaki, OPM Mengaku Bertanggungjawab

Sabtu, 26 September 2020 - 17:20 WIB
loading...
Pesawat Rombongan Wakapolda Papua Ditembaki, OPM Mengaku Bertanggungjawab
Juru bicara TPNPB OPM Sebby Sembom dalam keterangan pers nya yang beredar di kalangan wartawan mengaku pihaknya bertanggung jawab atas insiden tersebut. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
INTAN JAYA - Kelompok Kriminal Saparatis Bersenjata yang mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Rakyat Papua Barat (TPNPB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali berulah.

Kali ini mereka menyerang rombongan polisi yang baru saja mengantar Wakapolda dan Irwasda Polda Papua di Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Intan Jaya. Rombongan polisi ditembaki dari arah perbukitan di seberang Kampung Bilogai.

Kapolres Intan Jaya AKBP I Wayan Gunadi melalui sambungan telpon menjelaskan, kejadian penembakan ini terjadi sekitar pukul 12.50 WIT, saat pesawat hendak terbang ke Timika yang membawa rombongan Wakapolda Papua.

Dari bandara menurut Kapolres rombongan polisi hendak kembali ke Polres Intan Jaya. "Namun tiba-tiba mendapat serangan dari kelompok bersenjat," ujar Wayan.

Menurut Kapolres, pesawat yang membawa rombongan Wakapolda Papua baru saja terbang sekitar 10 menit berselang terjadi penembakan.

"Saat ini rombongan Wakapolda telah tiba dengan selamat di Timika. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut," katanya.

Pasukan Polri dari Satuan Brimob Polda Papua yang masih berada di sekitar area Bandara Bilogai langsung bertindak tegas dengan melakukan tembakan balasan ke arah kelompok bersenjata. Dimana kontak senjata terjadi sekitar 10 menit.

Dijelaskan, saat ini aktivitas masyarakat di Distrik Sugapa tidak bisa berjalan normal karena warga takut keluar rumah. Satu-satunya fasilitas publik yang masih berjalan hanya puskesmas sugapa," jelasnya.

Sementara juru bicara TPNPB OPM Sebby Sembom dalam keterangan pers nya yang beredar di kalangan wartawan mengaku pihaknya bertanggung jawab atas insiden tersebut.

"TMPNPB OPM akan terus melakukan perlawanan terhadap aparat TNI- Polri dan menembaki pesawat yang masuk ke Intan Jaya jika membawa rombongan TNI/Polri," ujar Sebby dalam rilisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)