Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan, Gubernur Riau Yakin Ekpor Impor Naik

loading...
Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan, Gubernur Riau Yakin Ekpor Impor Naik
Tampak gerbang Tol Dumai. Dengan diresmikannya jalur tol ini diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. FOTO : Istimewa
PEKANBARU - Tol trans Sumatera yakni jalur Pekanbaru-Dumai sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/9/2020) secara virtual.

Gubernur Riau Syamsuar menyatakan bahwa dengan diresmikannya jalan tol sepanjang 131,5 kilometer diyakini akan meningkatkan perekonomian.

"Dengan diresmikan tol Pekanbaru-Dumai akan memperlancar ekpor-impor. Kita yakin pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah akan meningkat," kata Syamsuar.(Baca juga : Hanya Bisa Mengekor, Riau Dinilai Gagal Tangani COVID-19)

Dia menjelaskan, bahwa Kota Dumai merupakan wilayah pusat ekspor-impor di Riau. Dengan adanya jalan bebas hambatan, pelaku usaha baik Riau maupun daerah lain akan menikmati kemudahan.



Jalan tol yang diresmikan ini menghubungkan empat kabupaten kota yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Tol trans Sumatera ini memiliki VI seksi.

Dari Pekanbaru ke Kota Dumai biasanya memakan waktu 6 jam. Namun dengan adanya tol, maka hanya memakan waktu paling lama 2 jam. Tol Pekanbaru-Dumai ini dibangun sejak tahun 2017.(Baca juga : Buru Pelanggar Protokol Kesehatan, Polda Riau Bentuk Tim Khusus)

"Kota Dumai merupakan pintu utama espor. Jadi dengan adanya tol juga bermanfaat bagi tranportasi di Dumai. Kota Dumai saat ini dikembangkan sebagai pelabuhan antara negara yaitu dengan dioperasionalkannya Ro-Ro Dumai Malaka sebagai bentuk kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand," imbuh mantan Bupati Siak ini.
(nun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top