Bangun Kemandirian UMKM Jateng-DIY, Pertamina Gelontor Rp19 M

loading...
Bangun Kemandirian UMKM Jateng-DIY, Pertamina Gelontor Rp19 M
PT Pertamina (Persero) MOR IV telah menyalurkan bantuan Program Kemitraan BUMN kepada UMKM sebesar Rp19 miliar di Jateng-DIY. Foto/Ist.
SEMARANG - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV telah menyalurkan bantuan Program Kemitraan BUMN kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp19 miliar di wilayah penyaluran Provinsi Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

(Baca juga: Janda Cantik Tewas Digorok, Ternyata Karena Cemburu dan WIL)

Ada sebanyak 253 UMKM yang dibantu sejak bulan Januari hingga September 2020. Nilai tersebut melampaui target pencapaian Program Kemitraan yang diterapkan secara internal yaitu sebesar Rp18 miliar hingga akhir tahun 2020.

Secara keseluruhan jumlah mitra binaan yang masih aktif dalam Program Kemitraan tuga tahun terakhir ada 834 UMKM. Mitra binaan tersebut berasal dari berbagai macam sektor diantaranya sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, hingga jasa.



Program Kemitraan BUMN bertujuan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan mengembangkan para pelaku UMKM hingga menjadi mandiri ekonomi atau berdikari. Bantuan yang diberikan berupa dana pinjaman untuk modal usaha hingga maksimal Rp200 juta. Di samping itu Pertamina juga memberikan bantuan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan.

(Baca juga: Simpan Sabu di Mobil, Sekretaris Partai Gerindra Dibekuk Polisi)

Bambang Tri Mulyono, pemilik usaha Bakmi Jawa Mbah Harjo asal Bantul mengaku senang telah menjadi bagian dari Program Kemitraan Pertamina sejak tahun 2019 Menurutnya, ada banyak manfaat yang Ia rasakan setelah menjadi mitra binaan Pertamina.



"Pinjaman dana dari Pertamina senilai Rp75 juta itu sendiri sangat membantu saya untuk menambah peralatan dan kebutuhan usaha. Biaya administrasinya juga hanya 3%, jauh lebih rendah daripada pinjaman ke bank, sehingga pengembaliannya tidak begitu memberatkan," ujar Bambang, Kamis (24/9/2020).
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top