Berwisata Sambil Belajar di Liang Bua

loading...
Berwisata Sambil Belajar di Liang Bua
Di gua ini para arkeolog dari University of New England, Australia dan Arkeolog Nasional menemukan fosil manusia purba yang dikenal Homo Floresiensis. Foto istimewa
- BAGI penjelajah alam dan ilmu pengetahuan, Liang Bua tidak asing lagi. Berlokasi di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Tumur (NTT), Liang Bua pernah membuat dunia gempar. Itu terjadi pada tahun 2003 silam. Ketika itu para arkeolog dunia merilis temuan mengejutkan dari Liang Bua.

Temuan apa itu? Di gua ini para arkeolog dari University of New England, Australia yang bekerja sama dengan Arkeolog Nasional menemukan fosil manusia purba yang kemudian dikenal Homo Floresiensis. Berbeda dari homo-homo lain yang pernah ditemukan di muka bumi seperti di Jawa atau Afrika, Homo Floresiensis memiliki keunikan tersendiri.

Dari kerangka fosil yang diteliti dan direkonstruksi, para ahli purbakala dari universitas terkenal itu memastikan kalau Homo Floresiensis itu berukuran kecil atau kerdil. (Baca: Legenda Cerita Rakyat Sumsel, Antu Banyu di Negeri Sembilan Sungai)

Dari penelitian para ahli terhadap fosil yang ditemukan dalam gua Liang Bua itu disimpulkan beberapa hal penting. Antara lain, ukuran fisik manusia purba penghuni Liang Bua tidak lebih dari 100 centimeter dengan bobot maksimal 25 kilogram.



Manusia kerdil ini juga memiliki volume otak yang kecil, gigi berukuran besar untuk ukuran tubuh yang kecil, pundak agak condong ke depan, tanpa dagu, dahi sedikit ke belakang dan telapak kaki yang relatif lebar.

Kendati ukuran tubuh dan otaknya kecil, manusia purba sudah bisa menggunakan senjata yang terbuat dari batu. Senjata ini selain untuk melindungi diri, juga untuk berburu binatang liar.

Fosil-fosil Homo Floresiensis diperkirakan berasal dari 100.000 hingga 60.000 tahun yang lalu. Itu artinya, manusia kerdil ini hidup di sekitar tahun-tahun itu dan terus mengalami evolusi.



Tentang Liang Bua
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top