Kekeringan, Warga Bandar Lampung Terpaksa Cari Air di Lembah

Rabu, 23 September 2020 - 12:59 WIB
loading...
Kekeringan, Warga Bandar Lampung Terpaksa Cari Air di Lembah
Warga Kampung Cangkok Remaja, Bandar Lampung, harus rela berjalan kaki untuk mendapatkan air bersih. Foto/iNews TV/Andres Afandi
A A A
BANDAR LAMPUNG - Warga di Kampung Cangkok Remaja, Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, terpaksa berjalan kaki melintasi perbukitan untuk mendapatkan air bersih dari mata air di lembah dekat aliran sungai.

(Baca juga: Gubernur Ganjar Kembali Datangi Warung, Apa Ngamuk Lagi? )

Kekeringan di musim kemarau , memaksa warga yang tinggal di kampung pinggiran Kota Bandar Lampung tersebut mencari air bersih di lembah, karena tidak ada sumber air lagi yang mengalir. Sumur mereka juga telah mengering.

Sumber air bersih di lembah tersebut, menurut salah seorang warga, Ani, digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga, mulai dari memasak, mencuci, hingga mandi. "Tidak ada lagi sumber air bersih saat musim kemarau , sehingga meskipun harus berjalan kaki ya harus dijalani," tuturnya.

Dia harus naik turun lembah itu sebanyak lima kali setiap harinya, untuk mendapatkan air bersih . Warga juga terpaksa harus mengantre untuk mendapatkan air bersih di lembah itu, karena debit airnya kecil.

(Baca juga: Bocah Viral Tiktok dengan Nakes Pakai APD Sembuh Dari COVID-19 )

Persoalan kesulitan air bersih yang dialami warga Kampung Cangkok remaja ini, menggerakna para prajurit TNI AD dari Kodim 0410 Kota Bandar Lampung, untuk membuat sumur bor. Rencana pembuatan sumur bor tersebut, membuat warga bisa tersenyum.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)