Sedang Jalani Karantina, Tenaga Medis di Bengkulu Utara Malah Keluyuran ke Pasar

Senin, 04 Mei 2020 - 21:59 WIB
loading...
Sedang Jalani Karantina, Tenaga Medis di Bengkulu Utara  Malah Keluyuran ke Pasar
Tenaga medis di Bengkulu Utara ketahuan keluyuran ke pasar saat sedang di karantina.Foto/iNews TV/Ismail Yoga
A A A
BENGKULU - Sejumlah Tenaga Medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, pada Senin (4/5/2020) nekat keluyuran ke pasar saat sedang menjalani karantina.

Karantina puluhan tenaga medis di RSUD dilakukan, menyusul hasil rapid rest 4 tenaga medis menunjukkan reaktif Corona (COVID-19). Sebanyak 50 tenaga medis, baik dokter, perawat, dan juga staf dari tiga ruang pelayanan diperintahkan untuk isolasi diri di Wisma Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara.

Dari jumlah tersebut, tercatat hanya 17 petugas medis yang terdata ikut karantina. Sebagian memilih isolasi mandiri di rumah dengan berbagai alasan. Beberapa oknum petugas medis, bahkan kepergok warga tengah berbelanja di sekitar Pasar Purwodadi Argamakmur.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kesehatan Bengkulu Utara Samsul Ma’arif mengatakan, karantina bersifat sementara sampai menunggu hasil swab. Karantina dapat dilakukan di Wisma Kesehatan atau melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Terhadap rekan kerja yang dinyatakan PCR positif, maka harus dilakukan swab segera. Dalam petunjuk teknis penanganan Corona Kemenkes RI, OTG, dan ODP harus isolasi selama 14 hari. Isolasi bisa dilakukan mandiri di rumah dengan ketat, atau isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. Sedangkan PDP gejala berat harus diisolasi di rumah sakit," kata Samsul.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)