Haul Sultan Agung Peringati Perjuangan untuk Bangsa

Senin, 21 September 2020 - 06:35 WIB
loading...
Haul Sultan Agung Peringati Perjuangan untuk Bangsa
Acara Kholdalem atau Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo yang digelar Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo berlangsung khidmat,di Solo kemarin. Acara dihadiri peserta secara terbatas karena Covid-19. Foto/istimewa
A A A
SOLO - Acara Kholdalem atau Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo yang digelar Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo berlangsung khidmat, Minggu (20/9/2020). Acara tahlil dan zikir berlangsung di Sasana Sumewo Pagelaran Keraton Solo dan dilanjutkan di Masjid Agung Solo.

Wilujengan Sinuhun Sultan Agung Hanyokrokusumo merupakan kali kedua dilaksanakan. Tahun lalu acara melibatkan 5.000 orang. Namun karena pandemi Covid-19, jumlah yang hadir dibatasi. (Baca: DPR Akan Bahas Perppu Pilkada Jilid II)

“Wilujengan ini untuk mengingatkan kembali asal-usul kita. Eyang Sultan Agung juga telah menjadi pahlawan nasional,” ujar Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng) kemarin.

Selain doa tahlil zikir, dalam wilujengan juga terdapat nasi gurih, ingkung, gedang, dan suruh ayu, sego asahan, ketan kolak apem. Dalam haul, juga terdapat jenang abang putih sebagai simbol jadinya manusia dari bapak dan ibu. (Baca juga: Umbar Foto di Medsos Picu Munculnya Penyakit Mental?)

Jenang abang melambangkan ibu dan jenang putih melambangkan bapak. Begitu seterusnya naik hingga sampai kepada Tuhan, sehingga manusia harus selalu ingat dan bersyukur kepada Tuhan.

Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta KPH Eddy Wirabhumi menjelaskan, haul pada intinya mengirimkan doa agar Sultan Agung Hanyokrokusumo ditempatkan di tempat yang semestinya sesuai amal perjuangannya dulu. (Lihat videonya: Bom Pesawat Sukhoi TNI AU Jatuh ke Permukiman Warga di Takalar)

Haul juga memperingati perjuangan Sultan Agung untuk masyarakat, negara, dan bangsanya. Dalam suasana pandemi Covid-19, juga dipanjatkan doa agar wabah yang tengah berlangsung dapat segera berlalu. (Ary Wahyu Wibowo)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)