Langkah Pemprov Jatim Percepat Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi COVID-19

Minggu, 20 September 2020 - 22:30 WIB
loading...
Langkah Pemprov Jatim Percepat Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi COVID-19
Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Foto/dok
A A A
BOJONEGORO - Pemprov Jatim menempuh berbagai langkah mempercepat pemulihan ekonomi, di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya bantuan modal usaha bagi kelompok perempuan melalui program Jatim Puspa (Pemberdayaan Usaha perempuan) serta bantuan keuangan khusus BUMDes.

Bantuan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Bojonegoro Minggu (20/9/2020). Bantuan modal usaha tersebut diberikan kepada 8 desa di Bojonegoro dengan sasaran 536 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp.1,524 miliar untuk 2020 dan BKK BUMDes untuk enam desa masing-masing Rp50 juta sehingga total Ro300 juta.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga telah menyerahkan bantuan yang sama kepada 8 Desa di Malang dengan jumlah sasaran 532 KPM di delapan desa dengan total anggaran Rp.1,52 miliar untuk tahun 2020.

“Sore ini saya menyerahkan hibah usaha bagi KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang siap mandiri, masing-masing Rp.2,5 juta, semoga membantu kemandirian para KPM dan lepas dari PKH” ujar Khofifah usai menyerahkan bantuan.

(Baca juga: Pemprov Jatim Terima Bantuan 210 Ventilator dari USAID )

Khofifah menjelaskan, keberadaan Jatim Puspa ini diharapkan mampu menciptakan perempuan yang bisa berusaha untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan keluarganya. Dengan demikian, perempuan ikut andil dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

"Jatim Puspa ini bertujuan untuk mempercepat penurunan kemiskinan perdesaan, dan meningkatkan keberdayaan sosial ekonomi rumah tangga miskin berbasis perempuan agar dapat keluar dari kemiskinan," urai mantan Mensos RI ini.

Lebih lanjut dijelaskan Khofifah, program Jatim Puspa diprioritaskan pada 15 kabupaten kantong kemiskinan sebagaimana rekomendasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Program Jatim Puspa memberikan stimulan modal usaha produktif senilai Rp2,5 juta setiap KPM dan 2020 ini menjangkau 7.981 KPM di 117 desa pada 15 Kabupaten dengan total anggaran Rp23,726 miliar

Sementara itu, sasaran Jatim Puspa adalah kelompok sasaran KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah Graduasi Mandiri Sejahtera, Rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan 8-12% terendah yang memiliki anggota rumah tangga perempuan usia produktif dan memiliki anak masih sekolah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)