2 Kapal Ikan Vietnam Disergap KRI Usman Harun-359 di Natuna Utara

Minggu, 20 September 2020 - 14:27 WIB
loading...
2 Kapal Ikan Vietnam Disergap KRI Usman Harun-359 di Natuna Utara
KRI Usman Harun-359 berhasil menangkap dua kapal ikan asing berbendera Vietnam, di Laut Natuna Utara. Foto/Ist.
A A A
NATUNA UTARA - KRI Usman Harun-359 berhasil menangkap dua kapal ikan asing berbendera Vietnam, yang didapati melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan Laut Natuna Utara, Sabtu (19/9/2020).

(Baca juga: Lecehkan Gerakan Salat, 4 Pemuda Digelandang Polres Sampang )

Penangkapan berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli rutin di perairan Laut Natuna Utara, di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla Koarmada I).

Dalam patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendeteksi Kapal Ikan Asing (KIA) yang dicurigai tengah melakukan aktivitas penangkapan ikan menggunakan jaring di wilayah di Laut Natuna Utara, yang merupakan Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

2 Kapal Ikan Vietnam Disergap KRI Usman Harun-359 di Natuna Utara


Menyadari didekati KRI Usman Harun-359 , kedua kapal tersebut berusaha melarikan diri dengan sebelumnya melepaskan jaring ke laut dan menambah kecepatan serta berpencar menjauh untuk menghindari KRI Usman Harun-359 .

Menyikapi hal tersebut, Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus, memerintahkan untuk melaksanakan peran tempur yang akan dilanjutkan dengan peran pemeriksaan dan penggeledahan.

(Baca juga: Banjir yang Rendam Wilayah Kapuas Hulu Mulai Surut )

Dalam pengejaran tersebut, KRI Usman Harun-359 memberlakukan prosedur dengan memberikan isyarat agar KIA tersebut berhenti, namun kedua KIA tidak mengindahkan. Setelah dilakukan pengejaran dengan melakukan manuver, akhirnya KIA target yang dikejar KRI Usman Harun-359 dapat dihentikan.

2 Kapal Ikan Vietnam Disergap KRI Usman Harun-359 di Natuna Utara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)