Tak Pakai Masker, Tiga Warga Disanksi Ucapkan Pancasila

Jum'at, 18 September 2020 - 17:09 WIB
loading...
Tak Pakai Masker, Tiga Warga Disanksi Ucapkan Pancasila
Pengendara sepeda motor terkena operasi yustisi pemakaian masker di depan Pasar Klitikan Seman, Jumat (18/9/2020). Foto SINDOnews
A A A
SLEMAN - Gugus Tugas Penangganan COVID-19 kecamatan Sleman menggelar operasi yustisi penerapan protokol kesehatan COVID-19 pemakaian masker di depan pasar Klitikan Sleman, Jumat (18/9/2020). Kegiatan ini sebagai upaya untuk mencegah dan menekan penyebaran COVID-19.

Tiga warga terjaring tidak memakai masker dalam operasi tersebut. Sebagai sanksinya mereka diminta mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu ketiga diberi masker. (Baca:Langgar Protokol Kesehatan di Sleman, Siap-siap Kena Sanksi)

Camat Sleman Mustadi mengatakan meski masih ada masyarakat yang tidak memakai masker . Namun secara umum kesadaran warga untuk memakai masker sudah baik dan tertib. Mereka yang tidak memakai masker adalah pengunjung pasar.

"Memang ada beberapa pengunjung pasar masih melanggar, tapi secara keseluruhan tingkat kedisiplinan pengunjung dan pedagang pasar mendekati 100 persen," kata Mustdi.

Mustadi menjeaskan selain masih ada yang tidak memakai masker, juga menemukan ada pedagangan yang mengunakan maskernya belum baik, yaitu tidak menutup hingga hidung. Sehingga ini yang menjadi catatan. (Baca: Tak Pakai Masker di Tempat Umum, Tiga Warga Dihukum Sapu Fasum)

“Untuk itu, terus akan memberikan edukasi pada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan,” paparnya. Dalam kesempatan itu, selain memberikan himbauan pentingnaya menerapkan protokol kesehatan, petugas juga membagikan 1.000 masker kepada pengunjung maupun pedagang pasar.

Di Seman hingga Jumat (18/9/2020) pukul 15.00 WIB, kasus terkonfirmasi COVID-19 mencapai 802 orang (Dirawat 244 orang, sembuh 543 orang dan meningga 15 orang), suspek 3583 orang.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)