Soal Penanganan COVID-19, Semua Bapaslon Pilkada Wajib Bertanggung Jawab

Jum'at, 18 September 2020 - 11:16 WIB
loading...
Soal Penanganan COVID-19, Semua Bapaslon Pilkada Wajib Bertanggung Jawab
Bakal calon Wakil Wali Kota Mataram menandatangani komiten bersama penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada NTB, Kamis (10/9/2020). FOTO : Antara/Ahmad Subaidi
A A A
MATARAM - Bakal pasangan calon (Bapaslon) yang akan maju dalam pilkada wajib bertanggung jawab terhadappenerapan protokol kesehatan COVID-19 selama pelaksanaan Pilkada. Mereka harus bertanggung jawab terhadap masa pendukungnya masing-masing. Kamis (19/7/2020) kemarin mereka menandatangani kesepakatan ini di Lapangan Tenis Mapolda NTB.

’’Kami sangat mengapresiasi dan mendukung deklarasi yang dicanangkan Pak Kapolda (Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal, ),’’ kata Makmur Said, salah seorang Bapaslon yang akan maju dalam pilwali Mataram .

Diakui Makmur, bahwa deklarasi ini memang bakal merepotkan semua bapaslon. ’’Tapi, situasinya memang luar biasa. Dan saya bisa sangat memahami deklarasi ini,’’ kata calon yang diusung dari Partai Gerindra, PKB, PKPI, dan Berkarya.

’’Saya sangat mendukungnya. Dan saya kira semua bapaslon lain juga setuju,’’ tambahnya.(Baca juga : Berdalih Bisa Gandakan Uang, Kakek Tega Cabuli Anak Gadis )

Poin-poin yang ada dalam deklarasi memang cukup memberatkan bagi pasangan calon. Pada intinya, deklarasi yang ditandatangani Kamis (17/9/2020) ini membuat pasangan calon tak boleh lepas tangan terhadap aksi kampanye dan aksi sosialisasi lainnya yang digelar oleh pendukungnya.

Seperti klub sepak bola yang harus ikut bertanggung jawab jika terjadi aksi anarkistis oleh suporternya. Hanya, dalam pemilukada kali ini, konteks yang menjadi objek adalah protokol kesehatan yang rentan dilanggar dalam kampanye mendatang.

Jika tidak ada deklarasi ini, akan banyak terjadi aksi liar yang tidak ada penanggungjawabnya, dan berpotensi menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Inilah yang membedakan deklarasi ini dengan deklarasi pemilukada yang hanya berkutat pada damai serta siap kalah-siap menang itu.

Acara deklarasi hari ini dihadiri oleh 23 pasangan calon yang akan berlaga di tujuh pemilukada kota/kabupaten. Juga Ketua KPU dan Bawaslu NTB, Wagub NTB, serta Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Riza Ramdhani.

Hal yang sama juga diutarakan oleh rival Makmur dalam Pilwali Mataram mendatang, Mohan Roliskana. ’’Kami tegak lurus dengan aturan main yang telah disepakati bersama ini,’’ terangnya. Situasi memang sangat sulit, dan poin deklarasi mengikat betul antara bapaslon dan pendukungnya.

Baik Makmur maupun Mohan mengatakan bahwa mereka akan mati-matian menjaga antusiasme pendukungnya. ’’Kami akan bicara dengan pendukung, dan kami akan memberikan pemahaman bahwa antusiasme yang berlebihan bisa merugikan kita semua,’’ kata Makmur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)