Pedagang Positif COVID-19, Pasar Beringharjo Sisi Timur Ditutup

loading...
Pedagang Positif COVID-19, Pasar Beringharjo Sisi Timur Ditutup
Petugas sedang melakukan penyemprotan disinfektan pasar sisi timur Beringjharjo, Yogyakarta, Selasa (15/9/2020). Foto/Dok. Disperindag Yogyakarta
A+ A-
YOGYAKARTA - Dinas Perindustrian dan Perdaganag (Disperindag) Kota Yogyakarta, menutup pasar Beringharjo sisi timur, Selasa (15/9/2020). Penutupan ini dilakukan, setelah ada satu pedagang dinyatakan positif COVID-19.

(Baca juga: Diterjang Hujan Angin, 1 Sekolah dan 2 Rumah di Medan Roboh)

Saat ditutup, petugas melakukan sterilisasi terhadap lokasi berjualan pedagang yang positif COVID-19 tersebut, yakni di lorong B2 dan G2 lantai II, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Pedagang tersebut, diketahui terkonfirmasi COVID-19 setelah hasil swabnya keluar pada Minggu (13/9/2020). "Untuk yang diliburkan hanya sisi timur, untuk sisi barat tetap buka," kata Kepala Dispeindag Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, Selasa (15/9/2020).

Yunianto menjelaskan, selain dengan sterilisasi, untuk memutus penyebaran COVID-19 juga sudah dilakukan penelusuran kepada siapa saja yang punya riwayat kontak erat dengan pedagang yang positif COVID-19 itu. "Tercatat ada 18 pedagang yang kontak erat dan akan dilakukan swab," paparnya.



(Baca juga: Ada Kekerasan di Ospek Unesa, Kampus Lakukan Evaluasi Total)

Menurutnya, untuk masalah ini juga sudah melakukan evaluasi bersama lurah dan paguyuban pasar Beringharjo. Hasilnya sepakat dan berkomitmen untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan, baik bagi pedagang maupun pengunjung.

"Tidak hanya dibebankan kepada dinas saja, tapi sepakat semua komunitas terlibat dalam mengedapankan protokol COVID-19, termasuk dalam menata akses pedagang dan pengunjung pasar. Sehingga baik pedagang dan pengunjung dapat terkontrol mobilitas di Pasar Beringharjo," jelasnya.

(Baca juga: Kajari Biak: Pengembalian Kerugian Negara Tak Hentikan Pidana)

Yunianto menjelaskan sebenarnya paguyuban pasar juga bersedia dilibatkan dalam menjaga fasilitas tempat cuci tangan, sabun, cairan disinfektan. "Diharapkan dengan langkah ini protokol COVID-19 senantiasa ditegakkan di Pasar Beringharjo," terangnya.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top