Persakmi Lutra Sosialiasi Cegah Corona di 3 Kecamatan dengan ODP Terbanyak

Rabu, 15 April 2020 - 10:30 WIB
loading...
Persakmi Lutra Sosialiasi Cegah Corona di 3 Kecamatan dengan ODP Terbanyak
Persakmi Lutra edukasi warga cegah corona di tiga kecamatan dengan ODP terbanyak. Foto/Istimewa
A A A
MASAMBA - Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Cabang Luwu Utara (Lutra) tak ingin tinggal diam melihat fenomena pandemi virus corona alias covid-19 di Indonesia kian mewabah. Hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah terpapar virus ini, termasuk Lutra, meski belum ada kasus positif.

Lutra sejauh ini hanya mencatat ada Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 102 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sembilan orang. Guna mencegah covid-19 tidak kian menyebar, Persakmi Lutra dengan seluruh potensinya melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan kepada masyarakat di semua fasilitas layanan kesehatan, Selasa (14/4/2020) kemarin.

Baca Juga:IDP Minta ADD Tahap I Prioritaskan Sistem PKT untuk Pencegahan Covid-19

Ketua Persakmi Lutra, Asmiati Thahir, menyebutkan ada tiga kecamatan yang dikunjungi untuk melakukan kegiatan ini yaitu Masamba, Malangke dan Baebunta. Dipilihnya tiga kecamatan ini disebabkan banyaknya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut. Berdasarkan data terbaru, Masamba memiliki 25 ODP, disusul Malangke (22) dan Baebunta (21).

“Dalam kegiatan ini kita mengimbau masyarakat untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah guna mencegah dan memerangi penyebaran covid-19 yang tak kelihatan dengan kasat mata,” kata Asmiati. Ia mengatakan, WHO telah mengeluarkan rekomendasi penggunaan masker, baik yang sehat maupun yang sakit.

Baca Juga:IBI Ranting RSUD Andi Djemma Beri Bantuan APD untuk Tenaga Medis

Untuk itu, kata dia, seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa beraktivitas di luar rumah. Masih kata dia, perilaku hidup bersih dan sehat juga harus senantiasa dipatuhi oleh masyarakat guna menghentikan penyebaran virus berbahaya ini. ”Jangan lupa sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir,” harap dia.

Tak kalah pentingnya, lanjut dia, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran, minum vitamin, rajin olahraga, berjemur di bawah sinar matahari pagi, serta memeriksakan kesehatan jika ditemukan gejala demam, flu, batuk dan sesak nafas. “Insya Allah, kegiatan ini akan terus berlanjut dengan sasaran yang akan ditetapkan kemudian,” pungkasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)