Tragis, Makam Ki Gede Banten Tersembunyi di Belakang Pertokoan

Senin, 14 September 2020 - 20:39 WIB
loading...
Tragis, Makam Ki Gede Banten Tersembunyi di Belakang Pertokoan
Sebuah situs makam kuno tersembunyi di belakang area pertokoan Jalan Karanggetas Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto/iNews/Miftahudin
A A A
CIREBON - Sebuah situs makam kuno tersembunyi di belakang area pertokoan Jalan Karanggetas, Kota Cirebon, Jawa Barat, makam berusia 500 tahun tersebut merupakan situs Ki Gede Banten yang merupakan pengawal Pangeran Jagabayan.

(Baca juga: Miris, Cekcok Internal Keraton Solo Viral di Media Sosial )

Ki Gede Banten merupakan seorang yang mengabdi sebagai pengawal Pangeran Jagabayan, Jagabayan sendiri memiliki peran penting dalam pendirian Kerajaan Cirebon, bertugas di pos penjagaan yang kini menjadi Masjid Jagabayan.

Dilokasi tersembunyi ini selain terdapat makam Ki Gede Banten , ada juga makam kecil yang belum diketahui identitasnya asal asulnya dan sumur keramat yang konon berisi benda-benda pusaka.

Tragis, Makam Ki Gede Banten Tersembunyi di Belakang Pertokoan


Meski lokasinya tersembunyi, situs makam kuno Ki Gede Banten ini boleh dikunjungi untuk masyarakat berziarah, namun harus seizin petugas masjid jagabayan dan penanggungjawab pemegang kunci.

(Baca juga: Anggotanya Diduga Kroyok Prajurit TNI AD, Ini Kata Dansat Brimob )

Penanggungjawab makam Ki Gede Banten , Wahidin menjelaskan, Hingga saat ini makam keramat tersebut belum diketahui keberadaannya oleh Pemerintah Kota Cirebon sehingga belum tercatat sebagai situs cagar budaya. "Lokasi ini ramai biasanya banyak pengunjung di hari Jumat Kliwon," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)