IBIMA Grand Launching Akselerasi Pemulihan Pembangunan Industri

Senin, 07 September 2020 - 17:02 WIB
loading...
IBIMA Grand Launching Akselerasi Pemulihan Pembangunan Industri
Founder IBIMA Made Dana Tangkas saat memaparkan presentasinya di Webinar Grand Launching IBIMA. Foto/SINDOnews/Nuriwan Trihendrawan
A A A
BOGOR - Industry and Business Institute of Management (IBIMA)/PT Insan Bisnis dan Industri Manufaktur Indonesia menggelar Webinar Grand Launching IBIMA dalam rangka mengakselerasi pemulihan pembangunan industri , Senin (7/9/2020).

Pembicara Utama dari IBIMA Made Dana Tangkas memaparkan tentang Total Program IBIMA. Yakni, Overview Perekonomian Nasional dan Global saat ini serta implementasi dan history Lean Enterprise IBIMA dalam mensupport Industri dan ekonomi nasional. (Baca juga: Indeks Manufaktur Meningkat, Sri Mulyani Sebut Lebih Baik dari Thailand dan Malaysia )

“IBIMA adalah sebuah lembaga center dan korporasi di bidang konsultasi bisnis dan industri dalam perspektif pembangunan holistik yang terpadu, terintegrasi dan melibatkan pentahelix ABGCFM (Academics, Business, Government, Community, Federation, Media (ABGCFM),” jelas Made Dana Tangkas. (Baca juga: Perdana Sejak Februari, Ekspansif Bisnis Perusahaan Manufaktur Bergerak Cepat )

Menurut dia, IBIMA berperan dalam membantu akselerasi pembangunan ekonomi nasional yang unggul dan merata. Khususnya melalui bidang industri dan bisnis, dan dengan komunitas serta para fasilitator yang kompeten dalam pengembangan industri berkelas dunia.

“IBIMA optimistis dapat berkiprah dalam upaya mentrigger pembangunan ekonomi bangsa saat ini khususnya bagi sektor ekonomi dan sosial yang terdampak krisis,” kata Made.

Dia menjelaskan, IBIMA membantu recovery, sustainability dan improvement bisnis serta industri terdampak krisis melalui optimalisasi efisiensi operasional atau cost korporasi.

Made mengatakan, IBIMA memiliki tiga DNA utama. Yaitu, DNA pertama adalah kompetensi atau praktik bisnis Industri melalui Lean Enterprise. Kemudian DNA kedua yaitu budaya dan motivasi bisnis melalui transformasi mindset, character, dan attitude. Serta DNA ketiga yaitu Leadership (Sistem Industri dan Kepemimpinan).

“Ada pun objektif IBIMA Building the Best Industry and Business Way to be the Best World Class Company (Lean Enterprise and Best Operational Exellence Company),” ujar dia.

Kini, kata Made, saat krisis melanda, IBIMA berperan membantu memulihkan perekonomian Indonesia yang terpuru. Di mana kondisinya saat ini hanya sustain 40-50% industry, baik dari Industri kecil menengah (IKM), usaha kecil menengah (UKM), mau pun industri hulu, antara dan hili.

“Untukk mengangkat industri ini melalui efisiensi atau cost reduction dan rasionalisasi dengan memerhatikan aspek demand, pasar dan daya beli masyarakat. Ini merupakan salah satu peran dan solusi dari IBIMA dalam menghidupkan kembali roda perekonomian bangsa melalui lean enterprise untuk Indonesia. Membangun industri unggulan berbasis agro, maritim, IKM UKM Koperasi, teknologi, dan baterai,” kata Made.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)