Beredar Pesan akan Ada Razia Terhadap Anak, Diskominfo Pastikan Hoaks

Jum'at, 04 September 2020 - 14:41 WIB
loading...
Beredar Pesan akan Ada Razia Terhadap Anak, Diskominfo Pastikan Hoaks
Kepala Diskominfo Purwakarta Siti Ida Hamida.
A A A
PURWAKARTA - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta langsung membuat pernyataan menyusul beredarnya pesan berantai melalui WhatsApp (WA) yang dinilai meresahkan masyarakat.

Pesan itu berisi akan adanya razia terhadap anak yang berkeliaran di luar rumah atau berkerumun di tempat keramaian. Bahkan, dalam pesan itu terdapat nada ancaman jika anak-anak yang terjaring razia akan diangkut untuk dikarantina.

Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah menegaskan, informasi tersebut adalah hoax atau tidak benar. Warga pun diminta jangan mudah percaya dengan informasi yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. "Tidak benar, itu hoax," ujar dia, Jumat (4/9/2020).

Dia juga mengajak kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan kembali karena dikhawatirkan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. "Pesan itu stop di anda saja," kata Ida.

(Baca juga: Pengusaha Wisata Bandung Tolak Rencana Bandara Husein Jadi Domestik )

Secara lengkap, isi pesan berantai itu sebagai berikut.

Assalamualaikum wr wb.

Bp ibu mohon untuk memberitahukan kepada putra putrinya mulai besok pagi dilarang berkeliaran diluar rumah atau berkerumun ditempat2 keramaian karena Ibu Bupati bersama satpol PP dan Satgas Covid 19 akan Razia keliling dg membawa mobil GDS/ Gerakan Disiplin Siswa. bagi yg terjaring akan diangkut di mobil untuk dikarantina , wali murid dan gurunya akan dipanggil juga, Razia masker bagi yg tidak memakai masker disuruh menyemprot lingkungan radius 1000 meter . Mohon untuk di Share di Paguyuban hari ini juga. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tampaknya pesan itu sudah beredar luas di tengah masyarakat sejak dua hari lalu. Bahkan, awalnya penerima pesan banyak yang mempercayainya dan kemudian dibagikan ke grup-grup WA. Selain juga sempat menjadi topik bahasa pada obrolan warung kopi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)