Hanya PDAM Kota Gorontalo Berani Sosialisasikan Penyesuaian Tarif

Selasa, 25 Februari 2020 - 15:00 WIB
Hanya PDAM Kota Gorontalo Berani Sosialisasikan Penyesuaian Tarif
Hanya PDAM Kota Gorontalo Berani Sosialisasikan Penyesuaian Tarif
A A A
KOTA GORONTALO - Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha mengatakan bahwa hanya PDAM Kota Gorontalo yang berani menyosialisasikan penyesuaian tarif pelanggan. Karena ini bagian dari kearifan lokal masyarakat di Gorontalo, yang mengedepankan musyawarah. Bahkan kegiatan seperti ini, jarang dilakukan oleh perusahaan BUMD atau BUMN, pasca membahas penyesuaian tarif itu dengan DPRD.

Ia menjelaskan, penyesuaian tarif ini selain berdasarkan Peraturan Wali Kota Gorontalo Nomor 44/2019, tentang penyesuaian tarif PDAM Kota Gorontalo. Sebelumnya sudah dilakukan kajian, baik itu dari unsur perguruan tinggi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan tim dari Pusat. Kemudian mengingat sudah 12 tahun silam, PDAM Kota Gorontalo belum melakukan penyesuaian tarif.

"Kami Pemerintah Kota Gorontalo, sangat berterima kasih kepada masyarakat, yang mendukung penyesuaian tarif PDAM Kota Gorontalo. Penyesuaian tarif ini pula, dalam rangka meningkatkan pelayanan PDAM Kota Gorontalo kepada masyarakat," ujar Marten, Selasa (25/2/20).

Sementara itu Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise jelaskan, sampai dengan Selasa hari ini PDAM sudah menggelar sosialisasi penyesuaian tarif di tujuh kecamatan. Untuk hari ini digelar di Kecamatan Hulondalanagi, turut dihadiri aparat kecamatan, kelurahan, kepolsisian dan TNI serta masyarakat.

"Sekitar 99 persen sosialisasi ini untuk mendengarkan keluhan masyarakat pelanggan PDAM Kota Gorontalo. Kami sebagai lembaga terkait, siap menjawab berbagai keluhan yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Hulondalangi. Selain itu, penyesuaian tarif PDAM Kota Gorontalo inim, naik sebesar 65 persen dari harga sebelumnya, dan mendapatkan dukungan dari masyarakat," ungkap Isman.

Dipenghujung kegiatan tersebut, PDAM Kota Gorontalo sendiri menggratiskan beberapa pelanggan dari tarif PDAM selama sebulan. Hal ini dilakukan oleh Direktur PDAM Kota Gorontalo, sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat, yang telah mendukung penyesuaian tarif.

"Komitmen yang kami bangun dengan masyarakat khususnya pelanggan, melalui sosialisasi ini, yakni meningkatkan pelayanan. Nah, dalam melakukan hal itu, tentu tidak mudah bagi kami dan harus dilaksanakan bertahap. Kedepannya kami di PDAM Kota Gorontalo, akan melakukan peningkatan kapasitas di beberapa instalasi pengolahan air, sebagai wujud dari komitmen tersebut," tutur Isman.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6840 seconds (0.1#10.140)