alexametrics

Komplotan Perampok Bobol ATM BCA Berisi Uang Ratusan Juta Gunakan Las

loading...
Komplotan Perampok Bobol ATM BCA Berisi Uang Ratusan Juta Gunakan Las
Komplotan penjahat berhasil menggondol mesin ATM BCA yang berisi uang Rp891 juta di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Mereka diduga telah merencanakan sejak lama dengan mempersiapkan alat berupa las. iNews TV/Taufik
A+ A-
SEMARANG - Komplotan penjahat berhasil menggondol mesin ATM BCA yang berisi uang Rp891 juta di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Mereka diduga telah merencanakan sejak lama dengan mempersiapkan alat berupa las.

"Modusnya mereka menggunakan alat las," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Senin (24/2/2020).

Sebelum menentukan sasaran, mereka terlebih dahulu melakukan survei ke sejumlah lokasi mesin ATM. Hingga diputuskan untuk membobol mesin ATM di Toko Oleh-Oleh Tape Ketan Jalan Pemuda No 181 Wonosari Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Jateng. Komplotan pelaku beraksi pada Selasa 4 Februari sekira pukul 05.00 WIB.



"Jadi mereka pertama-tama survei, dari malam mereka survei semua ATM yang ada di sekitar daerah (lokasi sasaran). Dia melihat mana yang paling aman, bahkan di TKP yang dibongkar, sudah 3 kali dimasuki. Dia coba goyang-goyang dulu ATM-nya, kalau agak sulit dia pindah ke ATM lain,” terangnya.

Selain mempersiapkan semua pelengkapan termasuk peralatan las, mereka juga menggunakan mobil berukuran besar sebagai pengangkut. Setelah mesin ATM berhasil dibongkar paksa, lantas diangkat bersama untuk dibawa ke dalam mobil.

"Ternyata karena waktu sudah mendekati subuh, waktu mepet, dia (pelaku) memutuskan TKP ini, dibongkar. Waktunya cepat sekali (karena) mereka menggunakan las. Caranya ATM digeser karena itu (lantai) keramik gampang digeser kemudian mobil merapat ke ATM," terangnya.

"Kemudian pelaku merusak mesin ATM BCA, setelah itu mengambil mesin ATM BCA beserta brangkas. Selanjutnya pelaku membawa mesin ATM BCA keluar melalui pintu. Kemudian mesin ATM diangkat ke mobil dan dibawa ke rumah pelaku yang istrinya kita tangkap," beber dia lagi.

Setiba di rumah, mereka membongkar paksa pintu mesin ATM yang berisi uang ratusan juta rupiah. Dengan mudah pintu mesin ATM terbuka karena leleh akibat panasnya alat las. Setelah brangkas terbuka, mereka lantas membagi uang hasil kejahatan.

"Mereka di rumah itu langsung mengelas membuka pintu ATM. Setelah dibuka, uangnya kurang lebih Rp800 jutaan. Mereka langsung membagi habis, tidak dihitung main tumpuk aja ada yang dapat Rp130 juta sampai Rp300 juta," lugas dia.

Komplotan pelaku di antaranya YT alias AP alias FA berperan sebagai driver, kemudian AD yang bertugas mengambil barang hasil kejahatan dan membuka mesin ATM. Selanjutnya adalah seorang perempuan SYT berperan menerima hasil dari kejahatan pencurian mesin ATM.

Dua pelaku yang masih buron ialah SY alias IP alias DD berperan mempunyai ide, mengambil barang hasil kejahatan, menentukan sasaran, menyediakan alat, membagi uang hasil kejahatan, serta PL berperan mengambil barang hasil kejahatan dan membuka mesin ATM.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak