Komisi IV DPR RI Imbau Warga Pangandaran Gunakan Pupuk Organik

Minggu, 16 Februari 2020 - 14:47 WIB
Komisi IV DPR RI Imbau Warga Pangandaran Gunakan Pupuk Organik
Komisi IV DPR RI Imbau Warga Pangandaran Gunakan Pupuk Organik
A A A
PARIGI - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PPP KH Asep Maoshul Ahmad Affandy mengimbau petani di Pangandaran untuk menggunakan pupuk organik saat bertani.

Penggunaan pupuk organik tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian alam yang saat ini sudah mulai rusak akibat tangan manusia. "Saya imbau petani di Pangandaran saat musim tanam padi untuk memanfaatkan pupuk non kimia," kata KH Asep Maoshul Ahmad Affandy, di Pangandaran, Minggu (16/2/2020).

Sebagian besar petani di Indonesia salah satunya di Pangandaran sekarang menggunakan pupuk kimia untuk tanaman mereka. Padahal pupuk kandang dan pupuk kompos dinilai KH Asep Maoshul Ahmad Affandy lebih ramah lingkungan dan lebih menjaga kelestarian alam.

"Tanaman yang menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos hasilnya juga bisa maksimal jika dikelola dengan baik dan benar," tambahnya.

Ketergantungan petani terhadap pupuk kimia sudah seharusnya disadarkan sejak sekarang dan disosialisasikan berbagai pihak. "Jaman dulu orang pelihara hewan ternak seperti kambing dan ayam selain untuk konsumsi dan kebutuhan keluarga, kotoran limbahnya juga dimanfaatkan untuk membuat pupuk," paparnya.

Berbeda dengan jaman sekarang, orang memelihara kambing dan ayam prospek bisnisnya yang diutamakan dan pencemarannya sangat terasa berdampak ke lingkungan. "Saya juga mengimbau petani untuk tidak membakar jerami di areal sawah karena cacing tanah akan mati," jelasnya.

Kesuburan tanah salah satunya karena adanya oksigen dan cacing tanah termasuk penyubur tanah, untuk itu jerami sisa panen padi jangan dibakar. "Harapan kami pemerintah dari pusat hingga ke daerah untuk memaksimalkan pembinaan kepada petani dengan diberi wawasan dan pelatihan," terangnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2364 seconds (0.1#10.140)