Pantura Macet Parah, Petugas Alihkan Kendaraan ke Jalur Alternatif

Sabtu, 21 Desember 2019 - 16:35 WIB
Pantura Macet Parah, Petugas Alihkan Kendaraan ke Jalur Alternatif
Pantura Macet Parah, Petugas Alihkan Kendaraan ke Jalur Alternatif
A A A
CIREBON - Membludaknya kendaraan di Jalur Pantura imbas dari pemberlakuan sistem satu arah (one way) dalam tol berdampak pada macetnya arus di berbagai titik pada Sabtu siang (21/12/2019). Untuk mengurai kemacetan petugas Satlantas Polres Cirebon Kota Jawa Barat mengalihkan arus kendaraan dari Jawa menuju Jakarta untuk menggunakan jalur alternatif Cirebon-Karangampel-Indramayu.
Pantura Macet Parah, Petugas Alihkan Kendaraan ke Jalur Alternatif

Kaur Bins Ops Lantas Polres Cirebon Kota Ipda Joni mengatakan, pemberlakukan pengalihan arus ini dilakukan selama hampir dua jam guna memecah konsentrasi kendaraan yang menumpuk di sepanjang Pantura Kedawung hingga Palimanan.

"Pengalihan arus kendaraan ini dilakukan Petugas Satlantas Polres Cirebon Kota di Simpang Tiga Pegambiran, Kota Cirebon, Sabtu siang (21/12/2019)," kata dia.
Pantura Macet Parah, Petugas Alihkan Kendaraan ke Jalur Alternatif

Petugas berusaha mengarahkan kendaraan dari Jawa menuju Jakarta untuk menggunakan Jalur Alternatif Cirebon-Karangampel-Indramayu. Kendaraan-kendaraaan besar seperti truk dan bus dialihkan menggunakan jalur alternatif untuk mencegah penumpukan arus kendaraan di Pantura Palimanan.

Pengalihan arus yang dilakukan selama hampir tiga jam ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sepanjang Pantura Kedawung hingga Pantura Palimanan, Kabupaten Cirebon.

"Membludaknya arus kendaraan di Pantura dampak dari pemberlakuan sistem oneway ini membuat berbagai titik Jalur Pantura mengalami kemacetan yang cukup panjang. Titik macet terparah terjadi di Pantura Palimanan, Plered, Tengah Tani dan Pantura Kedawung," kata Ipda Joni.

Sampai saat ini petugas masih memberlakukan pengalihan arus dan mengalihkan perjalanan kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus. Petugas akan melakukan pengalihan arus secara berkala selama proses pemberlakukan sistem satu arah berlangsung.

Kemacetan panjang selama berjam-jam ini dikeluhkan para sopir truk mereka yang biasa menggunakan jalur tol. “Saya harus terjebak macet sejak wilayah Jawa Tengah dan mengalami kemacetan parah di Pantura Cirebon,” kata Hendar sopir truk.

Saat ini kepadatan masih terjadi di sepanjang Jalur Pantura sejak pintu keluar Kanci hingga Palimanan. Kendaraan yang hendak mengarah ke ibu kota dan Bandung harus bersabar menghadapi kapadatan arus.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3033 seconds (0.1#10.140)