Libur Nataru 2020, Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Naik 12,6 Persen

Selasa, 15 Desember 2020 - 17:20 WIB
loading...
Libur Nataru 2020, Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Naik 12,6 Persen
Suasana lalu lintas di Jalan Tol Cipali.Foto/dok
A A A
MAJALENGKA - Arus lalu lintas di Tol Cipali pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang diprediksi mengalami peningakatan dibanding moment serupa tahun lalu.

Menyikapi hal itu, PT LMs selaku oengelola Tol Cipali yang kini memiliki brand name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) mengaku sudah melakukan beberapa langkah antisifasi.

Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya Agung Prasetyo mengatakan, volume lalu lintas di jalan Tol yang menghubungkan Purwakarta - Cirebon itu diprediksi naik sebesar 12.6 persen dibanding tahun lalu.

(Baca juga: Masyarakat Mulai Abaikan Protokol Kesehatan, KBB Zona Merah Lagi )

"Untuk mengantisifasi lonjakan Nataru 2020, ASTRA Tol Cipali akan memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 Gardu Tol Otomatis (GTO) dan 15 mobil reader," kata Agung.

Dia menjelaskan, puncak arus lalu lintas pada Nataru mendatang diperkirakan terjadi sebanyak 2 gelombang. Tanggal 24 sampai 27 Desember, jelas dia akan menjadi gelombang pertama puncak lalu lintas, dengan perkiraan volume masing-masing sebanyak 95.675 dan 94.636 kendaraan.

"Sedangkan gelombang 2 terjadi pada periode 31 Desember sebanyak 84.538 dan 3 Januari 2021 sebanyak 85.098 kendaraan," jelas dia.

(Baca juga: Di Bawah Guyuran Hujan Ratusan Massa Kepung Mapolres Cianjur, Tuntut Pembebasan Habib Rizieq )

"Dalam menghadapi libur Natura tahun ini dipastikan kondisi jalur dan marka jalan dalam kondisi baik. Sehingga semua jalur dapat dilalui dengan lancar, aman, dan nyaman," lanjut dia.

Lebih jauh dijelaskan dia, beberapa layanan yang ditingkatkan guna menyambut libur Natura nanti di antaranya penambahan 4 unit gardu satelit di gerbang tol Palimanan. Selain itu, jelas dia, ada juga penambahan 2 unit VMS (Variable Message Sign) yang berada di jalur Cikopo dan Palimanan.

"Sehingga total VMS yang tersebar di sepanjang Tol Cipali sebanyak 9 unit," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2946 seconds (0.1#10.140)