3 Jenderal Polisi Asli Putra Papua, 2 Perwira Tembus Bintang Tiga

Selasa, 08 Oktober 2024 - 05:54 WIB
loading...
3 Jenderal Polisi Asli...
Kolase tiga Jenderal asli putra Papua. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAYAPURA - Dalam sejarah kepolisian, banyak daerah di Indonesia melahirkan personel polisi yang memiliki karier cemerlang dan berpangkat jenderal. Dari sekian banyaknya daerah di Indonesia, salah satu di antaranya berasal dari Papua.

Tiga putra terbaik Papua telah berhasil meniti karier hingga mencapai posisi strategis sebagai jenderal polisi. Bahkan mereka menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua yang berkontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di bumi cenderawasih.

3 Jenderal Polisi Asli Putra Papua


1. Irjen Pol Petrus Rudolf Renwarin

3 Jenderal Polisi Asli Putra Papua, 2 Perwira Tembus Bintang Tiga


Irjen Pol Petrus Rudolf Renwarin yang dikenal dengan panggilan Patrige merupakan seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Papua. Lahir di Fakfak, Papua Barat, pada 7 Juli 1969, Patrige adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991.

Kapolda Papua ini diketahui satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Patrige dikenal sebagai sosok yang rendah hati namun memiliki kemampuan intelijen yang mumpuni, terutama dalam menghadapi situasi-situasi kompleks di Papua.



Perjalanan karier Patrige cukup panjang dan penuh dedikasi. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Papua, Patrige memegang berbagai posisi penting di kepolisian, termasuk sebagai Wakapolda Papua Barat dan Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Papua.

Ia juga pernah bertugas sebagai Kasat II Direktorat Reserse dan Kriminal Polda Papua, Kapolres Sarmi, dan Kapolres Merauke. Selain itu, Patrige juga pernah menduduki posisi sebagai Kepala Bidang Humas Polda Papua dan Irwasda Polda Papua.

Patrige diangkat sebagai Kapolda Papua pada Agustus 2024, menggantikan Komjen Pol Mathius D Fakhiri. Sebagai putra asli Papua, Patrige memiliki pemahaman mendalam tentang situasi di lapangan, yang menjadi keunggulan tersendiri dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda.

Pendidikan kepolisian yang ditempuh oleh Irjen Pol Patrige Renwarin mencakup Selapa (2002), Sespim I (2009) dan Sespimti (2017).

2. Komjen Pol (Purn) Mathius Derek Fakhiri
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3573 seconds (0.1#10.140)