Kembangkan Usaha Mustahik, Baznas Microfinance Desa Diluncurkan di Brebes

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:46 WIB
loading...
Kembangkan Usaha Mustahik,...
Baznas meluncurkan program Baznas Microfinance Desa (BMD) Brebes untuk membantu para mustahik pelaku usaha mikro mengembangkan usahanya, di Brebes, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2024).
A A A
BREBES - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program Baznas Microfinance Desa (BMD) Brebes untuk membantu para mustahik pelaku usaha mikro mengembangkan usahanya.

Simbolisasi peluncuran dilakukan di Kantor BMD Brebes, Komplek Islamic Centre Brebes, Jalan Laksda Yos Sudarso No. 35, Kelurahan Pasar Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2024).

Turut hadir Pj Bupati Kabupaten Brebes Djoko Gunawan, Pimpinan Bidang Koordinasi Nasional Baznas Achmad Sudrajat, Pimpinan Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Baznas RI Eka Budhi Sulistyo, Kepala Divisi Bank Zakat Baznas RI Noor Aziz, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Ketua Baznas Kabupaten Brebes, dan jajaran pengurus Baznas Kabupaten Brebes.

Dalam sambutannya, Achmad Sudrajat memaparkan, Baznas Microfinance Desa (BMD) adalah program pembiayaan produktif kepada para mustahik dengan prinsip nonprofit dalam rangka pengembangan usaha serta diharapkan jadi solusi dalam meningkatkan penghasilan.

BMD merupakan salah satu upaya Baznas yang terus meluncurkan program produktif, dalam mengentaskan kemiskinan dan membantu masyarakat dalam bidang ekonomi, termasuk terbebas dari jerat rentenir.

"Baznas Microfinance Desa Brebes ini adalah bentuk dari layanan keuangan mikro syariah yang dikembangkan Baznas untuk mengentaskan kemiskinan di Brebes serta memperkuat ekonomi masyarakat desa dengan memberikan akses terhadap pembiayaan produktif, seperti usaha kecil dan menengah, pertanian, peternakan, dan perikanan. Dengan adanya bantuan modal yang diberikan, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat," ujar Achmad Sudrajat.

Ia berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu hadirnya Baznas Microfinance Desa di Brebes. Menurutnya, hal ini merupakan sinergi positif yang terjalin untuk memberi manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Baznas Microfinance Desa (BMD) Brebes didukung penuh oleh stakeholder wilayah terkait, salah satunya dengan disediakannya kantor BMD yang berada di komplek Islamic Centre Pemkab Brebes. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur usaha baik kita semua mendapat dukungan yang positif," kata pria yang akrab disapa Kiai Ajat tersebut.

Menurut Kiai Ajat, dana zakat yang disalurkan masyarakat melalui Baznas sangat memberikan manfaat untuk orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ekonomi, salah satunya di program BMD ini.

"Nantinya Baznas tak hanya memberikan dana, namun juga akan dibekali pelatihan atau modal usaha. Hal ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola perekonomian mereka," ucapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)