Gabungan Perusahaan Global Produksi 5.000 Ventilator, Didonasikan ke Seluruh Dunia

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 08:28 WIB
loading...
Gabungan Perusahaan Global Produksi 5.000 Ventilator, Didonasikan ke Seluruh Dunia
Penyerahan tiga unit ventilator untuk Pemprov Jabar yang diterima Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gabungan perusahaan global berhasil memproduksi massal 5.000 alat bantu pernapasan atau ventilator berstandar internasional untuk dibagikan ke seluruh dunia. Dari jumlah itu, Provinsi Jawa Barat mendapatkan bantuan 3 unit ventilator.

Bantuan kepada Jawa Barat disalurkan oleh Beko Indonesia, yang merupakan anak usaha dari Arçelik. Sebuah perusahaan induk Beko, yang sejak April 2020 telah bergabung dengan sejumlah perusahaan terkemuka dalam memproduksi ventilator mekanis guna membantu pasien terpapar COVID-19. (BACA JUGA: Selama Pandemi COVID-19, Peredaran Gelap Narkoba Meningkat 2 Kali Lipat )

Produksi ventilator ini dibuat oleh tim yang terdiri dari 120 insinyur dari berbagai disiplin ilmu. Mereka menggunakan fasilitas pembuatan prototipe di Arçelik Garage, sebuah pusat inovasi terbuka di Istanbul, Turki untuk merancang dan menguji prototipe awal ventilator hanya dalam waktu 2 minggu. Pada Juni lalu, sebanyak 5.000 ventilator berhasil diproduksi massal. (BACA JUGA: Guru Jalani Test Swab Salah Satu Syarat KBM Tatap Muka di Tasik )

“Ventilator menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk merawat penderita COVID-19. Kami memahami, dibutuhkan upaya kolektif global untuk mengatasi isu pandemi yang tengah kita hadapi bersama. Semangat ini kami wujudkan dengan mendonasikan ventilator ke Indonesia, satunya Provinsi Jawa Barat,” kata Country General Manager Indonesia PT Beko Appliances Indonesia Ali Cagri Gonculer. (BACA JUGA: Ratusan Buruh Pabrik Terpapar COVID-19, Emil: Industri Tak Kebal )

Jawa Barat, ujar dia, menjadi provinsi pertama penerima bantuan ventilator, yang sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19. Penyerahan bantuan diberikan langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kamis (27/8/2020). Rencananya, bantuan ini juga akan diberikan ke beberapa daerah di Indonesia yang membutuhkan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi perusahaan yang telah membantu upaya mengatasi Covid-19 di wilayah Jawa Barat, salah satunya Beko Indonesia.

"Kami mengapresiasi bantuan dari Beko Indonesia berupa ventilator yang menjadi perangkat penting dalam membantu menyelamatkan nyawa di tengah pengobatan Covid-19,” ungkap Ridwan Kamil.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0038 seconds (0.1#10.140)