Misteri Mister Gendeng Sesepuh PKI yang Pengaruhi DN Aidit

Senin, 30 September 2024 - 14:24 WIB
loading...
Misteri Mister Gendeng...
DN Aidit, Ketua CC PKI ditangkap ditangkap setelah peristiwa G30S PKI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mister Gendeng mungkin jadi salah satu nama dalam sejarah yang kurang dikenal masyarakat. Konon dialah sosok yang memengaruhi pemikiran DN Aidit di PKI.

Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit yang merupakan salah satu pentolan PKI, jadi orang yang paling diburu setelah peristiwa G30S terjadi pada tahun 1965.



DN Aidit dianggap sebagai salah satu dalang peristiwa penculikan dan pembunuhan sejumlah Jenderal Angkatan Darat di sumur lubang buaya, Jakarta.

Setelah melakukan berbagai pelarian, DN Aidit pada akhirnya dapat ditangkap di Jawa Tengah dan dieksekusi oleh tentara Kostrad di dekat sebuah sumur di wilayah Boyolali.

Kisah Mister Gendeng Pengaruhi DN Aidit


Jauh sebelum memimpin PKI dan peristiwa G30S, DN Aidit diketahui telah banyak dipengaruhi oleh Mr Jusuf yang akrab disapa Mister Gendeng.

Mister Gendeng diketahui merupakan seorang revolusioner senior asal Jawa Timur yang aktif di Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia). Meski begitu, sosoknya ini sangat jarang diceritakan dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia.



Gendeng dalam bahasa Jawa berarti "Gila", hal itu menunjukkan kegilaannya karena sangat berani melawan Jepang. Ia bahkan tak gentar memaki-maki Jepang di depan umum.

Karena itulah mulai banyak pemuda yang termasuk Aidit, kagum terhadap Mister Gendeng. Di mana kala itu, Mr Jusuf dikenal sebagai pemimpin Joyoboyo, yakni gerakan anti fasis yang diketahui berasal dari wilayah karesidenan Besuki (Tapal Kuda atau Lumajang, Jember dan sekitarnya), Jawa Timur.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)