Bank Tanah dan MDA Kolaborasi Berikan Kepastian Hukum Atas Tanah di Latimojong

Kamis, 26 September 2024 - 14:35 WIB
loading...
Bank Tanah dan MDA Kolaborasi...
PT Masmindo Dwi Area (MDA) menandatangani kerja sama dengan Badan Bank Tanah (BBT). Foto/istimewa
A A A
LATIMOJONG - PT Masmindo Dwi Area (MDA) menandatangani kerja sama dengan Badan Bank Tanah (BBT). Kerja sama ini dilakukan untuk memberikan kepastian hukum dan jaminan investasi di masa depan. Termasuk mengatasi isu kepemilikan lahan di area konsesi MDA di Desa Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Kepala Bank Tanah Parman Nataatmadja dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh MDA kepada Badan Bank Tanah terkait pengelolaan hak atas lahan yang berada di bawah Hak Pengelolaan (HPL) Bank Tanah.



“Bank Tanah adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan solusi untuk kepastian hukum atas tanah-tanah yang akan dimanfaatkan, baik untuk investor maupun masyarakat, termasuk perusahaan pertambangan. Untuk MDA, nantinya baik pada saat operasi tambang maupun setelahnya, akan ada perjanjian pemanfaatan tanah yang jelas dan terjamin," ujarnya, Kamis (26/9/2024).

Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Trisakti Simorangkir mengatakan, di tengah tantangan yang dihadapi, MDA berkomitmen penuh untuk memastikan setiap proses pembebasan lahan berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku. Karenanya, kerja sama dengan Badan Bank Tanah sangat penting dalam menciptakan perlindungan hukum bagi perusahaan dan masyarakat sekitar.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bank Tanah. Kepastian hukum ini sangat penting, tidak hanya untuk perlindungan investasi perusahaan, tetapi juga untuk menciptakan stabilitas bagi masyarakat sekitar area tambang,” ungkapnya.

Parman menambahkan dengan luasan lahan yang telah dipercayakan kepada Badan Bank Tanah, sebagaimana tertuang dalam MoU, pihaknya akan memastikan pengelolaan dan perlindungan yang baik terhadap lahan tersebut.

“Dengan adanya MoU ini, kami ingin memastikan bahwa tidak ada lagi klaim-klaim ilegal dari masyarakat. Sosialisasi mengenai hal ini akan segera dilakukan bersama-sama oleh BBT dan MDA,” tambahnya.

PT Masmindo Dwi Area optimistis penandatanganan MoU dengan Badan Bank Tanah ini akan mendorong percepatan investasi di sektor pertambangan serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian lokal maupun nasional.



“MDA menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan di berbagai tingkatan untuk menciptakan kepastian hukum, memastikan kelancaran investasi, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat lokal dan perekonomian nasional,” katanya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5813 seconds (0.1#10.140)