alexametrics

Hari Ini, Terjadi 177 Kali Gempa Susulan di Laut Maluku

loading...
Hari Ini, Terjadi 177 Kali Gempa Susulan di Laut Maluku
Ilustrasi gempa bumi/Dok BMKG
A+ A-
MALUKU - Hasil monitoring BMKG pada Sabtu (16/112019) hingga pukul 12.00 Wita terhadap gempa Laut Maluku dengan magnitudo 7,1 SR (skala richter) menunjukkan telah terjadi 177 kali aktivitas gempa susulan (aftershocks) dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman. Gempa susulan dengan magnitudo paling besar mencapai 5,9 SR dan terkecil 2,7 SR. Gempa susulan yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat terjadi sebanyak 9 kali.

Kapala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, gempa Laut Maluku merupakan tipe gempa yang didahului oleh aktivitas gempa pendahuluan (foreshocks), kemudian terjadi gempa utama (main shock) dengan magnitudo paling besar, selanjutnya diikuti oleh serangkaian aktivitas gempa susulan (aftershocks).

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa sebelum terjadi gempa utama 7,1 SR di Laut Maluku pada 14 November 2019 terjadi aktivitas gempa berkekuatan kecil yang merupakan gempa pendahuluan (foreshocks). “Peta seismisitas Laut Maluku menunjukkan bahwa pada 12 November 2019 di sekitar lokasi episenter gempa utama 7,1 SR terdapat 2 aktivitas gempa berkekuatan 4,4 SR dan 3,4 SR. Ini bukti bahwa Gempa Laut Maluku didahului oleh aktivitas gempa pembuka,” katanya.

(saz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak