Peran Vital Alumni Politeknik Kementan dan Mahasiswa MBKM dalam Pertanian Modern

Jum'at, 20 September 2024 - 13:59 WIB
loading...
A A A
Mahasiswa juga diperkenalkan dengan modulPengembangan Padi Rawa Terpaduyang mengajarkan cara meningkatkan produktivitas padi di lahan rawa melalui teknologi modern. Selain itu, mereka belajar tentang pengelolaan lahan.

Program MBKM juga melibatkanKementan Leadership Programme, yang bertujuan melatih mahasiswa untuk memimpin proyek pertanian berbasis inovasi dan teknologi.

Dalam modulTeknologi Mekanisasi Pertanian, mahasiswa dikenalkan pada teknologi yang membantu meningkatkan efisiensi di seluruh proses pertanian, mulai dari pengolahan hingga distribusi hasil.

Salah satu fokus penting lainnya adalahPemberdayaan Petani Berbasis Korporasi.

Modul ini mengajarkan mahasiswa cara membantu petani meningkatkan kemandirian dalam mengelola bisnis pertanian, serta mendapatkan akses pasar dan modal yang lebih baik, sehingga meningkatkan daya saing di sektor pertanian.

Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Inneke Kusumawaty, menjelaskan bahwa melalui program MBKM, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung dalam pengelolaan pertanian secara modern.

“Milenial diharapkan mampu mengelola lahan, alsintan, hingga manajemen panen dan pasca panen dengan lebih efisien dan menguntungkan bagi petani,” ujar Inneke.

Mahasiswa yang tergabung dalam program ini disebar ke berbagai wilayah di Indonesia, meliputi 10 provinsi seperti Papua Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Banten, Jawa Barat, dan lainnya.

Mereka turut serta dalam pengelolaan lahan, penerapan teknologi pertanian, serta pembentukan koperasi petani lokal. Program ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta posisi tawar petani di pasar.

Githa Nirmala, mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti program MBKM Kementan, membagikan pengalamannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)