Bupati Suwirta Pimpin Aksi Gerakan Bali Bersih Sampah Plastik ke-7

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 14:05 WIB
Bupati Suwirta Pimpin Aksi Gerakan Bali Bersih Sampah Plastik ke-7
Bupati Suwirta Pimpin Aksi Gerakan Bali Bersih Sampah Plastik ke-7
A A A
SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta memimpin aksi perburuan sampah plastik di Kabupaten Klungkung, Jumat (18/10/2019). Aksi yang ketujuh kali ini mengambil tempat di Pelabuhan Kampung Kusamba, Kecamatan Dawan.

Gerakan bernama Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan program Pemerintah Provinsi Bali yang dicetuskan Gubernur Bali Wayan Koster guna memerangi sampah plastik di seluruh Bali.

Bupati Suwirta mengatakan, sekali sebulan pihaknya menyelenggarakan perburuan plastik, selain untuk melakukan pembersihan, juga mengingatkan kepada masyarakat supaya turut memberantas sampah plastik dari lingkungan masing masing.

Namun kenyataannya masih banyak ditemukan sampah plastik berserakan. Menurutnya hal ini menandakan tingkat kepatuhan dan partisipasi masyarakat masih masih rendah.

Atas kondisi tersebut Bupati Suwirta memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan untuk merancang himbauan kepada masyarakat supaya membuang sampah plastik dengan benar serta merancang sebuah sistem di mana akan ada petugas yang akan menuntaskan sampah plastik.

Suwirta juga mengimbau dinas terkait untuk memberlakukan denda tindak pidana ringan (Tipiring) kepada pelaku pembuangan sampah sembarangan. “Saya berani keluarkan dana Rp10 miliar demi menciptakan kebersihan ketimbang kehilangan Rp100 miliar akibat kondisi lingkungan kita seperti ini terus, di mana para wisatawan akan tidak betah, yang menyebabkan pendapatan akan berkurang,” pungkasnya.

Dalam aksi kali ini Bupati Suwirta juga memerintahkan Dinas LHP supaya mensortir sampah plastik berasal dari produk apa saja. Selanjutnya para distributor akan dipanggil guna turut bertanggung jawab di tengah berbagai upaya dan kesulitan yang dialami Pemkab Klungkung dalam memerangi sampah plastik.

Aksi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik dimulai pada pukul 7.30 waktu setempat. Ribuan peserta yang terdiri dari TNI, kepolisian, ASN lingkungan Pemkab Klungkung serta siswa setingkat SMA/SMK dilepas Bupati Suwirta di area parkir Pelabuhan Kampung Kusamba Kecamatan Dawan.

Mereka lalu bergerak menyebar memunguti sampah plastik di lokasi yang telah ditentukan. Lokasi sepanjang jalan Baypass IB Mantra dari wilayah Desa Tangkas hingga ujung timur jalan Baypass IB Mantra yakni di wilayah Desa Kusamba.

Aksi kali ini Bupati Suwirta selain didampingi Ny. Ayu Suwirta, juga anggota Forkompinda serta beberapa staf humas dan protokol yang turut mendampingi memunguti sampah plastik.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9620 seconds (0.1#10.140)