Hindari Sentuhan Tangan, Mahasiswa UMSurabaya Ciptakan Box Covid-19

loading...
Hindari Sentuhan Tangan, Mahasiswa UMSurabaya Ciptakan Box Covid-19
Mahasiswa UMSurabaya memperlihatkan alat sterilisasi uang otomatis ciptaanya bernama Box Covid-19, di kampus UMSurabaya.Foto/SINDONews/Ali Masduki
SURABAYA - Wabah virus corona atau Covid-19 semakin bertambah di Indonesia. Pandemi ini menjadikan sebagian masyarakat sangat mencemaskan kondisi yang tidak menentu itu, khususnya masyarakat yang tidak memilih diam di rumah karena harus bekerja.

Misalnya pemilik warung nasi, pedagang sembako dan lainya. Mereka adalah masyarakat yang rentan dalam penyebaran virus corona. Karena, virus Corona berpotensi menular melalui uang saat melakukan transaksi.

Berangkat dari fenomena di atas, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) menciptakan alat inovasi yang disebut Box Covid-19 untuk menghalau penyebaran virus Corona.

Box Covid-19 ini merupakan alat sterilisasi uang otomatis dengan sinar Ultra Violet. Alat ini berfungi untuk membersihkan uang dari kuman, virus dan bakteri saat transaksi jual beli.



Mahasiswa Jurusan S1 Elektro yang juga pencipta produk inovasi Box Covid-19, Iman Ramdhan, mengatakan alat ini dilengkapi dua pintu serta sensor Ultrasonik yang bisa membantu membuka pintu secara otomatis. Sehingga masyarakat tidak perlu menyentuh pintu atau alat ini saat melakukan transaksi.

“Produk ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya pedagang dan pemilik warung agar tetap melakukan transaksi tanpa harus tertular virus Corona," katanya.

Iman menjelaskan, bahwa alat ini dapat digunakan berjarak 5 cm dari pintu covid box. Saat bertransaksi, secara otomatis pintu 1 membuka, sehingga pembeli bisa meletakkan uang ke dalam box.



"Ketika uang sudah berada di dalam covid box maka pintu 1 menutup secara otomatis. Kemudian uang di dalam box terpapar sinar Ultra Violet selama 15 detik. Pada tahap akhir pintu 2 dibuka oleh penjual, kemudian uang kembali tersebut bisa diambil kembali oleh pembeli," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMSurabaya, Sukadiono, mendukung hadirnya alat inovasi yang dibuat oleh mahasiswanya. Di tengah kasus Covid-19 semakin tinggi dan skala penyebaran virus Corona semakin meluas, dia berharap alat ini menjadi salah satu solusi untuk menekan laju penyebaran virus di tengah masyarakat.

“Produk Covid-19 ini merupakan wujud kontribusi UMSurabaya sebagai perguruan tinggi untuk memerangi virus Corona,” ujarnya. Suko berharap, hadirnya Box Covid-19 ini berkontribusi dalam mengurangi kasus Covid-19, dan mencegah penyebaran virus di masyarakat.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top