alexametrics

Gelar Mubes Ke-VII, BMMB: Fokus Perjuangkan Mahasiswa dan Pemuda Bima

loading...
Gelar Mubes Ke-VII, BMMB: Fokus Perjuangkan Mahasiswa dan Pemuda Bima
Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jabodetabek menggelar Mubes ke-VII di Jakarta, Minggu, (29/9). Sejumlah tokoh Bima turut hadir di antaranya Ketua MK Anwar Usman, Anggota DPD RI Muhammad, anggota DPR RI Syafruddin. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jabodetabek menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-VII di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Minggu, (29/9). Tema yang diangkat pada Mubes kali ini, yakni “Diaspora Bima: Merangkul Kebersamaan; Memperkokoh Persatuan Bangsa”.

Ketua Panitia Mubes ke-VII Hermawan Saputra berharap, kegiatan ini bisa berjalan lancar dan menghasilkan ide-ide yang cemerlang dan konstruktif bagi kemajuan daerah Bima khususnya dan NTB pada umumnya. Dengan demikian, Pengurus BMMB yang terpilih kedepannya diharapkan melahirkan konsep yang bermutu bagi kemajuan daerah Bima.

"Kita harapkan pengurus berikutnya tentu lebih baik dan lebih merakyat untuk masyarakat Bima dan Indonesia pada umumnya," kata Hermawan di sela-sela Mubes ke-VII BMMB di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (29 September 2019.



Akademisi Universitas Indonesia (UI) ini menjelaskan, BMMB merupakan wadah silaturahmi masyarakat Mbojo (Bima) yang non-Pemerintah. Akan tetapi, Organisasi ini juga adalah mitra strategis pemerintah, baik Kabupaten maupun kota Bima dan NTB.

Disamping sebagai mitra Pemerintah, BMMB juga akan memberikan kritikan dan saran ke Pemerintah tatkala melenceng dari kehendak atau aspirasi masyarakat Bima.

"BMMB ini menjadi wadah non pemerintah. Tapi kalau kita bahasakan jadi mitra strategis pemerintah yang dimaksud adalah provinsi NTB dan juga kota/Kabupaten Bima, ini secara istilah kita bisa sparing-partner, sekali-sekali kita bisa sparing, sekali-sekali kita bisa partner," ujarnya.

BMMB pada kepengurusan yang baru ke depan akan lebih fokus untuk memberikan pendampingan, terutama bagi mahasiswa dan pemuda. Menurutnya, mahasiswa dan pemuda harus diperhatikan, sebab masa depan daerah Bima ada ditangan mereka.

"Intinya, advokasi untuk memperjuangkan baik pada level nasionl tapi juga unsur dari mahasiswa yang harus kita angkat betul, mahasiswa dan kepemudaan. Itu yang utama nanti kita angkat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua BMMB Kolonel TNI (Purn) Muhidin mengatakan bahwa BMMB merupakan wadah bagi masyarakat Bima di perantauan yang ikut mendukung kemajuan daerah. Melalui BMMB, ia akan terus menjaga dan mengharumkan nama Bim di kancah nasional. "Kami akan tetap menjaga nama baik dan harumkan daerah di kancah nasional" jelasnya.

Mubes ke-VII ini dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari masyarakat, mahasiswa dan pemuda asal Bima. Selain itu, hadir pula sejumlah tokoh Bima, di antaranya adalah Ketua Mahkamah Konstisusi Anwar Usman, Anggota DPD RI periode 2014-2019 Muhammad, anggota DPR RI Syafruddin.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak