Parade Cinta Nusantara 2019, Wujud Pembinaan Generasi Muda

Sabtu, 28 September 2019 - 20:47 WIB
Parade Cinta Nusantara 2019, Wujud Pembinaan Generasi Muda
Parade Cinta Nusantara 2019, Wujud Pembinaan Generasi Muda
A A A
SINGKAWANG - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membuka Parade Cinta Nusantara 2019 di Markas Brigif 19/Khatulistiwa, Singkawang, Kalimantan Barat.

Pembukaan Parade Cinta Nusantara ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan pelatih dan peserta. Ajang ini diikuti 500 pelajar dari sejumlah sekolah tingkat SMA/Sederajat di Provinsi Kalimantan Barat.
Parade Cinta Nusantara 2019, Wujud Pembinaan Generasi Muda

Pangdam menyatakan bahwa ajang Parade Cinta Nusantara merupakan upaya peningkatan kualitas serbuan teritorial melalui program dan kegiatan yang sinergi dengan Pemda, Kementerian terkait, Mabes TNI dan Angkatan serta lembaga lain dan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah tanah air terutama di wilayah perbatasan, daerah terpencil, pulau terluar serta daerah rawan konflik sebagai prioritas.

"Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan menambah wawasan kebangsaan. Sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama generasi muda kepada institusi TNI AD, khususnya kepada Kodam XII/Tanjungpura," kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dia menambahkan, persatuan dan kesatuan suatu bangsa merupakan syarat yang mutlak untuk dimiliki dalam upaya mempertahankan keutuhan suatu wilayah negara. Pertahanan negara akan semakin kuat apabila bangsa tersebut bersatu untuk bersama-sama memperjuangkan negara dalam melindungi dan membela hak-hak yang dimiliki.

Dalam upaya membangun kesadaran bela negara, maka berarti turut membangun watak bangsa yang memiliki jati diri, kebanggaan dan kebangsaan Indonesia. Hal itudilandasi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara serta rela berkorban bagi kepentingan bangsa.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam melaksanakan pembinaan kepada generasi muda dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme, persatuan dan kesatuan. Di mana pada gilirannya nanti generasi muda akan meneruskan pembangunan bangsa ini," tandasnya.

Pangdam berharap, kegiatan ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antar sekolah, menumbuhkan semangat bela negara, menambah wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagi seluruh peserta. Sehingga tujuan yang telah digariskan dapat terwujud dan terlaksana dengan baik.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8110 seconds (0.1#10.140)