Hutan Kawasan Wisata Gedong Songo Terbakar

Selasa, 17 September 2019 - 17:07 WIB
Hutan Kawasan Wisata Gedong Songo Terbakar
Hutan Kawasan Wisata Gedong Songo Terbakar
A A A
SEMARANG - Hutan di kawasan wisata Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terbakar, Selasa (17/9/2019). Lokasi yang curam di bawah tebing membuat petugas hanya dapat melokalisasi api agar tidak menyebar ke daerah lain.

“Titik api berada di wilayah atas wisata Gedong Songo, tepatnya berada di atas patung Anoman Gedong Songo,” kata relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Cecep Rosojati.

Menurut dia, sumber api sudah diketahui warga sejak Senin 16 September 2019. Namun, upaya pemadaman belum bisa dilakukan karena titik api berada di bawah tebing yang sulit dijangkau. Oleh karena itu, petugas hanya bisa menunggu di bagian atas tebing untuk mencegah penyebaran api.

“Sumber api itu di tebing bawah yang sulit dijangkau. Sehingga upaya relawan, polisi, dan masyarakat hanya bisa menunggu di bibir tebing paling. Untuk antisipasi api meluas,” ujarnya.

Ratusan petugas gabungan yang terlibat pemadaman, di antaranya polisi, Sakpala, Basecamp Mawar, Ungaran Peduli, BPBD Kabupaten Semarang, TNI, dan Relawan Sumowono. Proses pemadaman hanya bisa dilakukan dengan alat-alat seadanya.

“Pemadaman secara manual, pakai alat-alat seadanya. Sore ini api sudah padam. Kalau api yang di bagian bawah tebing juga padam dengan sendirinya setelah merambat ke bagian atas,” tambah Relawan Ungaran Peduli, Puji Antoni.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0548 seconds (0.1#10.140)