Yon Artiono Arba’i, Sosok Terlupakan dalam Evakuasi Soe Hok Gie di Tragedi Gunung Semeru

Rabu, 21 Agustus 2024 - 06:06 WIB
loading...
A A A
Usai operasi SAR tersebut, Yonyang kala itubekerja di Kejaksaan Agung RI, meyakinimeninggalnya Soe Hok-Gie dan Idhan Lubislebih disebabkan keduanya terserangacute mountain sickness(AMS).

AMS adalah kelainan neurologis yang biasanya menyerang pendaki gunung yang berada di ketinggian akibat hipoksia kronis pada tekanan parsial oksigen rendah. Walaupun seringkali bersifat self-limiting, AMS dapat menyebabkan edema pulmonal dan serebral yang dapat bersifat fatal.

baca juga: Pendiri Mapala UI sekaligus Sahabat Soe Hok Gie, Herman Lantang Meninggal Dunia

“Jadi bukankarena menghirup gas beracun gunung Semeru. Kalau gas beracun kan menyebar, bisa kena semua anggota tim Mapala UI yang mendaki,”kata Yon Artiono Arba’i, dalam kesempatan bincang santai di Jakarta.

Sebagai jejak sejarah keterlibatan Yon Artiono di evakuasi Soe Hok Gie, pada 2023 lalu diluncurkan film dokumenter berjudul “Sosok DR Yon Artiono Arba’i”. Film yang disutradarai Resi Elang, ini bercerita tentang sepak terjang Yon Artiono Arba’i berikut aktivitasnya selama bergiat di alam bebas, termasuk cerita proses evakuasi jenazah Soe Hok-Gie dan Idhan Lubis yang meninggal di gunung Semeru.

“Mas Yon sosok manusia tangguh yang tidak bisa disogok, sosok yang tidak bisa diubah pendiriannya. Yang benar adalah benar,” tegas fotografer senior Don Hasman.

Setali tiga uang, anggota kehormatan Mapala UI Syamsirwan Ichien juga mengaku sangat menaruh hormat kepada Yon Artiono Arba’i. “Sebagai senior pecinta alam, mas Yon ini paket lengkap. Beliau jagonyabergiat di alam bebas. Trimatra dia kuasai, naik gunung, terjun payung, menyelam, dan banyak lagi,” kata Ichien.

Yon Artiono Arba’i, Sosok Terlupakan dalam Evakuasi Soe Hok Gie di Tragedi Gunung Semeru

Yon Artiono Arba'i (kanan) memberikan potongan tumpeng kepada senior Mapala UI
Abdurachman (Kang Maman), saksi hidup tragedi gunung Semeru yang masih hidup.

Sementara itu, senior pecinta alam Noor Sidharta mengungkapkan, bahwa Yon Artiono Arba’i adalah sosok yang memiliki kepedulian sosial tinggi dan sangat peka terhadap persoalanmasyarakatdi sekitarnya, terutama keluarga.

“Saya ini keponakan Om Yon, dan sejak kecil ikut beliau,sehingga pastinya banyak sekali jasa beliau kepada saya. Tapi tiap kali saya ingin membalas jasa Om Yon, beliau selalu mengatakan tidak usah dibalas ke dia langsung, tapi berikan saja balasan itu ke orang-orang sekitar yang lebih membutuhkan bantuan,” ujar Noor Sidharta.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)