alexametrics

100 Hektare Hutan Gunung Malang di Lombok Terbakar

loading...
100 Hektare Hutan Gunung Malang di Lombok Terbakar
Satgas kebakaran hutan dan lahan berjibaku memadamkan api yang meluas di lahan hutan kemasyarakatan (LHK) di Gunung Malang, Pringgabaya, Lombok Timur, NTB. Foto/iNews TV/Ramli Nurawang
A+ A-
LOMBOK TIMUR - Satgas kebakaran hutan dan lahan Polres Lombok Timur berjibaku memadamkan api yang meluas di lahan hutan kemasyarakatan (LHK) di Dusun Aik Manis, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, NTB.

Kebakaran terjadi sejak jumat siang kemarin. Kemudian petugas mulai memadamkan api sejak tadi malam. Titik api meluas hingga melalap sekitar 100 hektare lahan dan berhasil dipadamkan Sabtu siang (14/9/2019). "Diduga penyebab kebakaran adalah oknum masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar," kata Kapolsek Pringgabaya, AKP Amar Makruf di lokasi kebakaran.

Kepolisian masih mendalami keterlibatan sejumlah oknum dalam peristiwa ini. Bila ditemukan ada oknum warga yang terlibat, pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.



"Bila ada oknum yang sengaja membuka lahan dengan cara melakukan pembakaran, kita akan tindak tegas," tegas Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Made Bagus Winarta, seusai memimpin apel siaga Karhutla di Mapolres Lotim beberapa waktu lalu.

Kepolisian bersama pemerintah setempat sudah melakukan upaya dengan membentuk Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Mereka melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Di Lombok Timur, data per 21 Agustus 2019 lalu, Karhutla melanda 450,45 hektare lahan. Dari 21 Kecamatan yang ada di Lombok Timur, Karhutla ini hampir sebagian besar melanda wilayah utara seperti Sambelia, Sembalun dan Pringgabaya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak