Yayasan Kartika Soekarno-RS Siloam Bali Gelar Skrining Kanker Payudara Gratis di Kintamani

Selasa, 20 Agustus 2024 - 09:21 WIB
loading...
Yayasan Kartika Soekarno-RS...
Founder Kartika Soekarno Foundation menggelar skrining kanker payudara gratis di Puskesmas Songan Kintamani, Bali. Foto/istimewa
A A A
KINTAMANI - Yayasan Kartika Soekarno atau Kartika Soekarno Foundation (KSF) bersama RS Siloam Bali menggelar program skrining pencegahan kanker payudara gratis di Puskesmas Songan, Kintamani, Bali.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen KSF untuk terus meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendukung program kesehatan ibu dan anak.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membangun pusat kesehatan masyarakat (Posyandu) percontohan di 9 kabupaten di seluruh Indonesia.



KSF telah berhasil menjangkau lebih dari 133.000 anak dan merevitalisasi sekitar 300 Posyandu dan 240 PAUD (Pusat Pelayanan Kesehatan Terpadu & Sekolah Anak Usia Dini).

Melalui program revitalisasi posyandu, KSF berupaya menciptakan lingkungan yang kondusif dengan meningkatkan akses air bersih dan sanitasi yang dikelola dengan aman.

Kanker payudara, salah satu jenis kanker yang paling umum di seluruh dunia dan penyebab utama kematian akibat kanker di kalangan wanita, menjadi perhatian serius bagi KSF.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 70% pasien kanker payudara ditemukan pada stadium 3, sedangkan prognosis untuk kesintasan pasien dapat mencapai hingga 90-95% jika terdeteksi pada stadium dini.



Program SELANGKAH (Semangat LAwan KAnker) yang diluncurkan pada 2023 telah berhasil melakukan skrining payudara bagi lebih dari 16.000 wanita di 110 desa dan komunitas di Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)