alexametrics

1 Kampung di Baduy Luar Ludes Terbakar, 60 Kepala Keluarga Ngungsi

loading...
1 Kampung di Baduy Luar Ludes Terbakar, 60 Kepala Keluarga Ngungsi
Sebanyak 60 kepala keluarga di Kampung Kadu Gede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak yang kehilangan rumah akibat terbakar terpaksa mengungsi ke kampung sebelah. Foto SINDOnews
A+ A-
LEBAK - Sebanyak 60 kepala keluarga Baduy luar di Kampung Kadu Gede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak yang kehilangan rumah akibat terbakar terpaksa mengungsi ke kampung sebelah. "Ada 60an kepala keluarga yang menjadi korban diungsikan ke kampung sebelah di Kampung Kadu Gede Baru," kata Kepala Desa untuk Baduy Luar Jaro Saija saat dihubungi, Kamis (12/9/2019).

Para korban untuk sementara diungsikan ke kampung terdekat sebelum pihak Pemkab Lebak mendirikan tenda.

Belum diketahui penyebab pasti terbakarnya 37 rumah milik warga Baduy luar itu. Diduga, api berasal dari dapur salah satu warga kemudian merambat ke rumah lainnya.



Api dengan mudah membesar karena material rumah Baduy luar dengan atap rumbia, dinding anyaman bambu, lantai bambu, dengan letak rumah tak berjauhan.

Selain rumah, warga pun harus kehilangan persediaan pangan mereka yang disimpan di dalam leuit seperti padi, jagung dan yang lainnya.

"Satu kampung, habis sih. Ada 37 imah (rumah), belum yang dihitung leuit (penyimpanan padi) yang terbakar," ujar Jaro Saija.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak