alexametrics

Rini Berharap Marina Labuan Bajo Dapat Dimanfaatkan Semua Kalangan

loading...
Rini Berharap Marina Labuan Bajo Dapat Dimanfaatkan Semua Kalangan
Menteri BUMN Roni Soemarno saat memberikan keterangan kepada awak media di Labuan Bajo. iNews TV/Yosep
A+ A-
LABUAN BAJO - Usaha menggenjot pembangunan sektor pendukung pariwisata di Labuan Bajo terus ditingkatkan pemerintah pusat. Selain pembangunan pusat souvenir di puncak waringin, serta perbaikan berbagai jenis infrastruktur oleh kementerian PUPR, pemerintah juga sedang mempercepat pembangunan proyek pelabuhan Marina Labuan Bajo.

Pelabuhan Marina Labuan Bajo merupakan bagian dari proyek pembangunan kawasan komersial Labuan Bajo yang merupakan proyek sinergi Badan Usaha Milik Negara antara PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Patra Jasa.

Selain Marina Labuan Bajo, proyek sinergi lainnya yakni, peningkatan fasilitas dermaga penyeberangan, hotel, serta area komersial dengan total investasi sekitar Rp 400 miliar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno pada Senin, 9 September 2019, meninjau progress pembangunan Kawasan terpadu ini. Dirinya mengapresiasi perkembangan pembangunan Kawasan ini.

Rini mengakui Kawasan Marina ini memiliki potensi yang bagus bagi sektor pariwisata dan dirinya juga menginginkan agar kawasan ini harus dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin bagi sektor penunjang pariwisata di Labuan Bajo.

Selain itu, Rini juga mengaku gembira Kawasan Marina ini juga dapat dimanfaatkan sebagai Salah satu area yang terbuka untuk umum.

"Yang paling saya senang itu bagian promenadenya (tempat untuk berjalan- jalan,red) itu nanti terbuka untuk umum. Jadi saya tadi juga sudah meeting dengan ibu Wakil Bupati Manggarai Barat, untuk nanti kerjasama dengan Pemda, hingga tiap weekend Kita akan adakan kegiatan budaya memperkenalkan budaya dari Flores, khususnya Labuan Bajo, sehinggah nanti benar benar akan menjadi tempat tourist attraction yang menarik" jelas Rini.

Proyek Marina Labuan bajo yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 2017 yang lalu sampai saat ini sudah memasuki tahap akhir dari penyelesaian tahap 1.

Berapa sektor pembangunan yang telah selesai yakni perampungan 105 kamar hotel. Total 147 kamar hotel ditargetkan rampung pada akhir bulan desember 2019. Sementara itu, rekonstruksi dermaga lama Di pelabuhan Labuan Bajo sudah memasuki tahap finalisasi.

Sedangkan target pembangunan 100 berth (tempat sandar yacht) direncanakan rampung pada akhir juli 2020 Dan pembangunan area komersil tahap 2 akan dimulai pada tahun 2021.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak