Penerapan ESG, Petani di Sekitar PT Ceria Dapat Bantuan 3,2 Ton Pupuk

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:08 WIB
loading...
Penerapan ESG, Petani...
PT Ceria bersama Petrokimia Gresik memberikan bantuan pupuk kepada petani di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Kamis (15/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KOLAKA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi langkah PT Ceria Nugraha Indotama yang telah mengimplementasikan prinsip Environmental, Social dan Governance ( ESG ) pada seluruh rantai industrinya. PT Ceria Nugraha Indotama merupakan perusahaan pertambangan dan pemurnian nikel nasional.

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada hilirisasi nikel, Menteri Arifin mendorong PT Ceria agar terus memberikan manfaat besar bagi bangsa dan Negara. Khususnya di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Selain pada dimensi ekonomi, Menteri Arifin juga mendukung tumbuhnya ekosistem hijau dan ketahanan pangan di kawasan pertambangan PT Ceria yang digerakkan oleh komunitas petani lokal di lingkar tambang. “Pertanian dilingkar tambang harus terus berkembang. Pertambangan dan ketahanan pangan harus saling menyokong,” kata Menteri Arifin Tasrif saat mengunjungi PSN Smelter ‘Merah Putih’ PT Ceria Nugraha Indotama di Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada 1-2 Juli 2024 lalu.

Selain Menteri ESDM, juga turut jajaran direksi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang dipimpin Direktur Utama Darmawan Junaidi, beserta jajaran direksi PT PLN (Persero) yang dipimpin Direktur Retail dan Niaga Edi Srimulyanti.

Untuk mendukung ketahanan pangan di kawasan PSN Ceria secara berkelanjutan, Menteri Arifin berkomitmen memberikan bantuan pupuk secara gratis kepada gabungan kelompok tani binaan PT Ceria, di Kecamatan Wolo. “Bantuan pupuk tersebut telah disalurkan langsung kepada para petani pada Kamis, 15 Agustus 2023 yang difasilitasi PT Petrokimia Gresik beker jasama dengan PT Ceria Nugaraha Indotama,” ungkap Direktur Operasional PT Ceria Nugraha Indotama Yusram Rantesalu, Kamis (15/8/2023).

PT Petrokimia Gresik menyerahkan pupuk sebanyak 3,2 ton. Sementara PT Ceria Nugraha Indotama menyerahkan sejumlah alat pertanian berupa sprayer.

Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis PT Petrokimia Gresik Eko Suroso mengapresiasi kemajuan petani di daerah itu. Ia pun optimistis kolaborasi antara Petrokimia Gresik dan PT Ceria Nugraha Indotama bisa berkonstribusi besar dalam memajukan sektor pangan di daerah itu pada masa mendatang.

“Kami bangga PT Petrokimia Gresik bisa berkolaborasi dengan PT Ceria. Dengan melihat langsung hamparan sawah di daerah ini, ini menjadi bukti bahwa PT Ceria beroperasi dengan mengikuti kaidah Good Mining Practice," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kolaka Suyanto mengatakan kolaborasi yang dilakukan PT Ceria Nugraha Indotama dan PT Petrokimia Gresik bisa menjadi proyek percontohan karena menjawab langsung masalah petani. “Ini sangat bermanfaat karena selama ini petani sangat kesulitan pupuk. Semoga program semacam ini akan terus ada di masa depan,” ujarnya.

Selain pangan berkelanjutan, implementasi ESG yang menjadi perhatian utama Menteri Arifin Tasrif dan Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi yakni langkah nyata PT Ceria mendukung target pencapaian Net Zerro Emmission (NZE) 2060 melalui konservasi mangrove di kawasan pesisir Kecamatan Wolo. Menurut Yusram, sejauh ini Bank Mandiri telah menunjukkan dukungan besar pada program konservasi mangrove dengan melibatkan masyarakat setempat.

Terbaru, pada 10 Agustus 2024, PT Ceria bekerja sama dengan Bank Mandiri melakukan penanam mangrove dalam kegiatan Green Fun Run 5K yang diikuti 400 lebih peserta. “Penamanan mangrove ini merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam menjaga dan merehabilitasi ekosistem pesisir dan laut,” tandasnya.

Hutan mangrove yang ditanam bersama masyarakat ini diharapkan akan bermanfaat secara jangka panjang sebagai penyimpanan karbon, penyerap polutan, dan melindungi garis pantai dari abrasi dan bencana alam. Kemudian memulihkan keanekaragaman hayati dan ekologi pesisir setempat, sumber makanan dan bahan bakar, serta menjadi sumber ekonomi masyarakat setempat.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)