Mahasiswa Harus Jaga Kampus dari Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 07:29 WIB
loading...
Mahasiswa Harus Jaga...
Fakultas Hukum Undip Semarang menggelar kuliah umum yang diikuti mahasiswa baru dalam rangka menanamkan pemahaman berbangsa dan bernegara yang toleran. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar kuliah umum yang diikuti mahasiswa baru dalam rangka menanamkan pemahaman berbangsa dan bernegara yang toleran.

Acara bertajuk “Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru dan Pendidikan Karakter” ini diselenggarakan di depan gedung Fakultas Hukum Undip, Selasa (13/8/2024).



Dalam kuliah umum ini, Deputi 1 Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo menjadi keynote speaker.

Roedy menjelaskan bahwa urgensi keamanan nasional semakin meningkat dengan adanya ancaman ideologi transnasional. Dia menyampaikan perlunya kesatuan yang kokoh dari seluruh elemen bangsa dalam menghadapi ancaman ideologi transnasional.

“Lingkungan kampus, khususnya Undip, harus dijaga dari pemahaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Kampus sebagai pusat pendidikan tinggi adalah tempat yang sangat strategis bagi pengembangan pemikiran kritis dan inovatif, namun juga rentan disusupi oleh ideologi radikal jika tidak diawasi dengan baik,” kata Roedy.

Selain itu, Roedy juga mengingatkan bahwa ada pihak-pihak yang tidak senang jika Indonesia damai dan tentram. Pihak yang dimaksud adalah mereka yang menebarkan teror dan propaganda demi kepentingan merebut kekuasaan.



Kelompok-kelompok ini menggunakan berbagai cara untuk menyebarkan pengaruhnya, termasuk melalui radikalisme yang berakar pada intoleransi.

Dia memaparkan, intoleransi adalah keyakinan yang meyakini kebenaran adalah milik kelompoknya sendiri, dan menafikan kebenaran yang diyakini oleh kelompok lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)