Awas! 34 Hotel di Malang Diretas, Nomor Telepon hingga Rekening Diganti

Kamis, 15 Agustus 2024 - 11:58 WIB
loading...
Awas! 34 Hotel di Malang...
Sebanyak 34 hotel di Kota Malang menjadi korban peretasan pada akun Google Business. Foto/Istimewa
A A A
MALANG - Sebanyak 34 hotel di Kota Malang menjadi korban peretasan pada akun Google Business. Pelaku kemudian mengubah logo, alamat, nomor telepon, hingga nomor rekening akun hotel mulai dari bintang satu hingga bintang empat di Kota Malang.

Ketua PHRI Kota Malang, Agoes Basoeki membenarkan, sebanyak 34 hotel menjadi korban peretasan akun Google Business. Pelaku kemudian mengubah logo, alamat, nomor telepon, hingga nomor rekening akun tersebut.

Peretasan ini terjadi sejak Minggu (11/8/2024), tapi untuk kerugian finansial yang dialami para hotel ini belum dikalkulasikan.



”Kita telah melaporkan kejadian ini kepada PHRI Jawa Timur, karena kita tidak ingin sampai ada yang tertipu seperti di kota lain. Kita juga melapor ke Disporapar Kota Malang dan Diskominfo Kota Malang,” ucap Agoes Soebekti, Kamis (15/8/2024).

Guna mengatasi masalah ini, pihaknya menginstruksikan seluruh pengusaha hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Malang, untuk tidak berkomunikasi dengan tamu menggunakan nomor WhatsApp. Sebab para penipu ini menjalankan aksinya menggunakan aplikasi tersebut.

Ia meminta hotel untuk menggunakan nomor telepon resmi hotel tersebut.

”Kemudian saya minta tamu yang melakukan transaksi secara non-tunai, mohon dicek dulu apakah nomor rekening itu namanya sesuai dengan nama hotel yang dipesan. Kalau tidak sama, besar kemungkinan itu adalah penipuan,” jelasnya.

Setiap hotel nantinya diminta untuk memperkuat tim IT masing-masing mereka. Pasalnya, ia meyakini serangan para peretas ini akan terjadi lagi baik dalam waktu dekat maupun di masa yang akan datang. Jadi mereka sudah membekali diri dengan pertahanan yang lebih baik.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)