Kopassus Gelar Latihan Puncak Tribuana Cakti XXII di Pandeglang Banten

Rabu, 28 Agustus 2019 - 09:44 WIB
Kopassus Gelar Latihan Puncak Tribuana Cakti XXII di Pandeglang Banten
Kopassus Gelar Latihan Puncak Tribuana Cakti XXII di Pandeglang Banten
A A A
PANDEGLANG - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar latihan puncak 2019 di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten. Latihan dengan sandi Tribuana Cakti XXII berlangsung sejak 1 Juli sampai 28 Agustus 2019 melibatkan 232 personel dari satuan Parako, Sandi Yudha, dan Penanggulangan Teror.

Dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, selama hampir dua bulan dilaksanakan sejumlah materi latihan, di antaranya teknik infiltrasi dan eksfiltrasi, operasi sandha, PPJJ, operasi perebutan cepat, operasi pembebasan sandera, serta komando pengendalian operasi. Penyelenggaraan latihan Lapangan Tribuana Cakti XXII itu sendiri bertujuan untuk menguji dan mengukur kesiapsiagaan operasional Satuan Kopassus yang diorganisir kedalam satuan tugas pasukan khusus, meliputi subsatgas para komando, sandi yudha, dan penanggulangan teror.

Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dalam pengarahan yang dibacakan Pamen Ahli Kopassus Kolonel Inf Benny Sulistiyono mengatakan, Kopassus sebagai satuan operasional TNI dituntut terus meningkatkan profesionalisme dalam bidang teknis kemiliteran agar dapat melaksanakan tugas yang diberikan negara secara maksimal.

“Untuk meningkatkan kemampuan tersebut maka diperlukan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut serta terprogram dengan baik. Melalui latihan ini, disamping meningkatkan kemampuan teknis militer juga untuk mengukur sejauh mana unsur pimpinan satuan mampu merencanakan operasi sandi yudha, operasi komando, dan penangggulangan teror,” kata Kolonel Inf Benny Sulistyo ketika menutup latihan puncak di Helipad Beach Desa Cipaku, Pandeglang, Banten, Rabu (28/8/2019).

Hadir dalam penutupan latihan tersebut beberapa pejabat penting, di antaranya Pabandya dari Sopsad, para Asisten Danjen Kopassus, dan komandan satuan di jajaran Kopassus.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5176 seconds (0.1#10.140)