alexametrics

Gerindra Kuasai Tanah Jawara, 16 Calegnya Duduk di Parlemen

loading...
Gerindra Kuasai Tanah Jawara, 16 Calegnya Duduk di Parlemen
Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak di DPRD Provinsi Banten. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
CILEGON - Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak di DPRD Provinsi Banten. Hasil rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Banten pemilu 2019 di Hotel Royal Krakatau, Cilegon, diketahui Partai Gerinda memperoleh 16 kursi.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqan mengatakan, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak di DPRD Provinsi Banten dengan 16 kursi, lalu PDIP pada posisi kedua setelah meraih 13 kursi.

Partai Golkar 11 kursi, PKS 11 kursi, dan Demokrat 9 kursi. Selanjutnya, PKB (7 ), PAN (6), PPP (5), NasDem (4), Berkarya, PSI, dan Hanura, masing-masing 1 kursi.



Sedangkan partai politik yang tidak mendapat kursi di DPRD Banten periode 2019-2024 ada empat partai, yakni Partai Garuda, Partai Perindo, PBB, dan Partai PKPI.

"Apa yang kami bacakan, dan kami berikan kesempatan kepada yang hadir baik itu saksi dari partai politik, bawaslu, forkopimda bahwa semua proses hari ini clear (disetujui perolehan hasil pemilu 2019)," kata Wahyul kepada awak media.

Dia menjelaskan, pelantikan 85 anggota DPRD Provinsi Banten menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri. Sebelumnya, KPU Banten akan mengirimkan berkas administrasi para anggota dewan terpilih ke Gubernur Banten Wahidin Halim dilanjutkan ke Kemendagri.

"Administratif syaratnya supaya terpenuhi. Hasil hari ini akan segera disampaikan (ke Gubernur Banten)," ujarnya. Sekadar informasi, pada Pemilu 2019 partai besutan Prabowo Subianto itu menggeser dominasi PDIP yang pada Pemilu 2014 mendapatkan kursi di DPRD Banten terbanyak yakni 17 kursi.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak