Didampingi KPK, Pemkab Manggarai Barat Tindak Tegas 2 Hotel Lalai Bayar Pajak

Minggu, 04 Agustus 2024 - 13:06 WIB
loading...
Didampingi KPK, Pemkab...
Pemkab Manggarai Barat mengambil langkah tegas terhadap dua hotel di Labuan Bajo yang lalai membayar pajak Foto/Ist
A A A
MANGGARAI BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat , Nusa Tenggara Timur (NTT), mengambil langkah tegas terhadap dua hotel di Labuan Bajo yang lalai membayar pajak. Demi memastikan kepatuhan, Pemkab Manggarai Barat menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam melakukan penagihan pajak.

Hotel Loccal Collection dan La Cecile menjadi sasaran pertama dengan dipasangnya plang penanda oleh Pemda, sebagai upaya menumbuhkan rasa malu dan mendorong pembayaran pajak. Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, menegaskan bahwa pendekatan ini dilakukan agar publik mengetahui pelanggaran tersebut dan berharap ada kesadaran dari pihak hotel.

“Kita harap dengan memasang plang dan orang lihat, ada kesadaran untuk membayar,” ujar Weng pada Sabtu (3/8/2024).

Meski sudah berulang kali didatangi oleh Pemda bersama KPK, kedua hotel tersebut masih acuh tak acuh terhadap kewajiban membayar pajak hotel dan restoran (PHR). Dalam inspeksi mendadak terbaru, satu hotel ditemukan belum melaporkan omset dari Maret hingga Juni 2024, sementara hotel lainnya kurang bayar pajak daerah sejak Januari hingga Desember 2023.



“Kami dulu datang bersama KPK, janji akan bayar tapi tetap tidak bayar setelah temuan BPK,” tambah Weng.

Atas pendampingan dari KPK selama beberapa tahun terakhir, Pemda Manggarai Barat berhasil mengoptimalkan pemungutan Pajak Daerah. Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria, menyatakan pendampingan ini penting untuk memastikan kepatuhan wajib pajak dan menjaga akuntabilitas Pemerintah Daerah.

“Untuk wajib pajak yang katanya sudah kepala batu, kita dorong Pemerintah Daerah untuk langkah selanjutnya, apakah melakukan sita atau langkah lain. Ujung-ujungnya bisa sampai izin dibekukan,” jelas Patria.

Langkah tegas ini menjadi bagian dari komitmen Pemda Manggarai Barat untuk meningkatkan kepatuhan pajak di daerah tersebut. Weng menegaskan akan terus melakukan inspeksi dan menindak hotel yang masih lalai. “Jangan kepala batu,” tegasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)