7 Keturunan Tionghoa dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Siapa Saja?

Selasa, 30 Juli 2024 - 10:38 WIB
loading...
A A A
Sayangnya, dalam salah satu pertempuran, ia gugur setelah terkena tembakan tentara Belanda. Sie King Lien dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Jurug, Solo.

6. Ong Tjong Bing


Ong Tjong Bing, atau Daya Sabdo Kasworo, adalah seorang dokter yang merawat korban pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Setelah menjadi dokter gigi pada 1953, ia bergabung dengan militer sebagai pegawai sipil dan mendapatkan gelar kapten dua tahun kemudian. Ia aktif dalam operasi-operasi militer penting dan mendirikan rumah sakit militer di Jayapura.

Ong Tjong Bing pensiun pada 1976 dengan menyandang gelar kolonel.

7. Soe Hok Gie


Soe Hok Gie adalah aktivis reformasi yang lahir di Jakarta pada 17 Desember 1942. Meskipun tidak terlibat langsung dalam pertempuran kemerdekaan, Gie dikenal sebagai salah satu pelopor gerakan mahasiswa yang kritis terhadap pemerintah.

Ia gencar menyuarakan pemikirannya melalui tulisan-tulisan yang dipublikasikan di berbagai koran. Soe Hok Gie meninggal pada 1969 saat mendaki Gunung Semeru, tetapi catatan hariannya tetap menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak pejuang keturunan Tionghoa lainnya yang berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kegigihan mereka patut dikenang dan dijadikan teladan.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)