PLTA Upper Cisokan Beri Bantuan Air Bersih untuk 494 Kepala Keluarga

Senin, 29 Juli 2024 - 22:24 WIB
loading...
PLTA Upper Cisokan Beri...
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) melalui program PLN Peduli terus berkontribusi untuk masyarakat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG BARAT - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) melalui program PLN Peduli terus berkontribusi untuk masyarakat. Kali ini, PLTA UPPER Cisokan memberikan sarana air bersih kepada warga di wilayah resettlement proyek PLTA Upper Cisokan Pumped Storage.

Sarana air bersih ini disediakan untuk 494 Kepala Keluarga yang berada di Kampung Cangkuang dan Kampung Babakan, Desa Bojongsalam, serta Kampung Cipiring dan Kampung Jolok, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat . Lokasi daerah ini terpencil dan jauh dari sumber air.

Bantuan yang diberikan berupa pipanisasi dari sumber air ke penampungan air umum sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses air bersih. Peresmian sarana air bersih dilaksanakan di kantor Desa Bojongsalam dan Cicadas serta dihadiri oleh Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 1, Budi Nugroho Sulaksono.



“Penyediaan sarana air bersih ini merupakan wujud nyata dari kepedulian PLN terhadap masyarakat sekitar yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari pembangunan PLTA Cisokan. Kami berharap melalui bantuan ini masyarakat dapat menikmati air yang layak untuk dikonsumsi,” ujar Budi.

Sementara Kepala Desa Bojongsalam, Ajang Yusup Bahtiar, menyambut baik inisiatif ini dan mengucapkan terima kasih kepada PLN. “Sekarang dengan adanya bantuan dari PLN warga kami lebih mudah mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Desa Cicadas, Daman Setia Permana. Dia mengatakan, program pipanisasi ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Saat ini, sebanyak 335 keluarga di Desa Bojongsalam dan 159 keluarga di Desa Cicadas telah menikmati fasilitas air bersih untuk kegiatan konsumsi dan rumah tangga.



Program penyediaan sarana air bersih ini selaras dengan upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan keenam yaitu memastikan akses air bersih dan sanitasi untuk semua.

Melalui inisiatif ini, PLN turut berperan dalam mendukung tercapainya target tersebut di tingkat lokal. Diharapkan, melalui berbagai program tersebut, PLN dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)