Nasek Ghulung, Kuliner Lezat Khas Pulau Bawean

Senin, 24 Agustus 2020 - 16:17 WIB
loading...
Nasek Ghulung, Kuliner Lezat Khas Pulau Bawean
Nasi ini disajikan bersama dengan ikan dan sambal. Foto: SINDONews/Ali Masduki
A A A
GRESIK - Pulau Bawean , sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, 120 kilometer sebelah utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur bukan hanya menyimpan banyak kekayaan alam. Di pulau yang kerap disebut sebagai pulau putri ini terdapat satu kuliner lezat, yakni Nasek Ghulung.

Dahulu, Nasek Ghulung atau nasi gulung menjadi salah satu andalan para nelayan sebagai bekal saat berlayar, karena mampu bertahan hingga tiga hari.

Salah satu warga Bawean Faisal mengatakan, bahan utama makanan khas Bawean itu adalah beras. Proses memasaknya cukup mudah. Beras mentah digulung dengan menggunakan daun pisang, kemudian dimasak atau dikukus hingga masak.

"Masaknya harus lama agar nasi gulung tersebut tahan lama. Supaya terasa lezat masaknya harus pakai kayu bakar,"katanya.(Baca juga : Pecahkan Mitos, Pemuda Bawean Tapaki 99 Puncak Tinggi )

Setelah dipastikan sudah matang, nasi yang terbalut gulungan daun pisang ini sudah bisa langsung disajikan. Cara penyajiannya juga cukup sederhana. Gulungan daun pisang tinggal dilepas dan dibuka memanjang.

Faisal menjelaskan, Nasek Ghulung akan terasa lebih lezat jika disandingkan dengan ikan bakar dan sambal yang terbuat dari parutan kelapa. Apalagi dimakan dengan abon ikan atau daging. Jika dulu jadi andalan nelayan, saat ini Nasek Ghulung menjadi salah satu sajian selamat datang bagi wisatawan yang berkunjung di pulau Bawean.

"Ini kan kuliner khas Bawean, jadi biar tamu kita lebih mengenal khazanah Bawean," ucapnya.(Baca juga : Susah Sinyal dan Tak Punya Android, Pelajar Bawean Sekolah di Musala )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2988 seconds (0.1#10.140)