Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya, Mulai dari Tidak Bisa Bersaing Secara Bisnis hingga Kemunculan Kerajaan Baru

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:18 WIB
loading...
Keruntuhan Kerajaan...
Kerajaan Sriwijaya merupakan kemaharajaan bahari yang pernah berdiri dan berkuasa di Pulau Sumatera dari masa abad ke-7 sampai dengan abad ke-13 masehi. Foto/Ilustrasi/Disparbud Kamparkab
A A A
KERAJAAN Sriwijaya merupakan kemaharajaan bahari yang pernah berdiri di Pulau Sumatera. Sriwijaya banyak memberi pengaruh di Nusantara dengan daerah kekuasaan membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, dan pesisir Kalimantan.

Kerajaan Sriwijaya memegang kendali kekuasaan dimulai dari masa abad ke-7 sampai dengan 13 masehi.



Banyak catatan sejarah mengatakan bahwa Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan yang berhasil menguasai kemaritiman Nusantara lewat kekuatan militernya yang dimiliki.

Sayangnya setelah mencapai kejayaan selama 4 abad kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran sekitar perkiraan abad ke-12 di masa kepemimpinan Raja Sanggrama Wijayatunggawarman.

Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya


Dikutip dari jurnal "Dinamika Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kehancuran Imperium Maritim Abad Pertengahan", kemunduran Kerajaan Sriwijaya disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti pertumbuhan ekspansi bisnis dan kapal-kapal yang berlayar langsung dari China.



Selain itu, para penguasa lokal yang tidak bisa beradaptasi dengan harga pasar baru yang lebih terbuka. Ramainya pelayaran di sekitar jalur perdagangan ini menyebabkan timbulnya beberapa bandar pelabuhan penting, seperti Samudera Pasai, Malaka, dan Kota China.

Akibat adanya hubungan dagang dengan kerajaan yang berasal dari Timur Tengah berdampak pada kemunculan komunitas masyarakat yang berada di pesisir Sumatera Bagian utara sebagai komunitas agama Islam dengan latar belakang kebudayaan yang tidak sama.

Komunitas ini kemudian membentuk institusi dengan mendirikan kerajaan Islam. Berdirinya kerajaan Islam yang dibuat oleh komunitas tersebut menjadi salah satu faktor yang melemahkan dominasi Sriwijaya.

Selain itu terdapat faktor kondisi alam, di mana Kerajaan Sriwijaya semakin jauh dari pantai akibat pengendapan lumpur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)