alexametrics

Kronologi Bentrokan 2 Kelompok Warga di Register 45 Mesuji

loading...
Kronologi Bentrokan 2 Kelompok Warga di Register 45 Mesuji
Petugas gabungan Polda Lampung dan TNI mengamankan lokasi bentrokan dua kelompok warga di Mesuji, Lampung. iNews.id/Supriyadi
A+ A-
MESUJI - Bentrokan dua kelompok warga di kawasan Register 45 Desa Karya Tani, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, diduga karena konflik lahan. Kelompok Karya Tani dan Kelompok Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), sama-sama mengklaim sebagai pemilik lahan.

Informasi dihimpun dari warga, bentrokan terjadi Rabu 17 Juli 2019 pukul 14.00 WIB. Kronologi bentrokan berawal saat salah satu kelompok melakukan pembajakan di area lahan Kampung Karya Tani, yang diklaim sebagai miliknya. Kemudian, kelompok warga lainnya, mengajak musyawarah di balai kampung.

Dalam pertemuan di balai kampung itu, salah satu kelompok mengingatkan agar kelompok lain tidak membajak lahan di Desa Karya Tani. Namun, kelompok yang diingatkan, diduga dari Mesuji Raya, tiba-tiba datang membawa massa dan menyerang kelompok warga Karya Tani dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam.



Akibat bentrokan tersebut, empat orang dilaporkan tewas terkena tusukan benda tajam. Selain itu, banyak korban luka-luka baik karena luka tembak dan tusukan senjata tajam. Korban tersebut baik dari kelompok Karya Tani dan Mesuji Raya.

Polda Lampung yang mendapat informasi mengenai bentrokan itu telah mengirimkan pasukan ke lokasi berupa satuan setingkat kompi (SSK) dari anggota Brimob dan satu peleton dari anggota Shabara. “Ada ratusan pasukan Brimob dan Shabara yang dikirim,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung.

Saat ini, polisi telah berada di lokasi untuk melokalisir agar bentrokan warga. Personel polisi dan TNI juga melakukan upaya persuasif agar kedua kelompok yang berselisih dapat menahan diri. (Baca juga; 9 Korban Bentrok Mesuji Dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung)
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak