Terungkap, Paus Sperma 9,6 Meter yang Terdampar Sudah Mati 4 Hari

Minggu, 07 Juli 2019 - 12:06 WIB
Terungkap, Paus Sperma 9,6 Meter yang Terdampar Sudah Mati 4 Hari
Terungkap, Paus Sperma 9,6 Meter yang Terdampar Sudah Mati 4 Hari
A A A
BUTON UTARA - Seekor ikan paus sepanjang 9 meter ditemukan terdampar di pesisir Pantai Gusi, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Jumat (5/7/2019). Paus itu ditemukan dalam kondisi mati oleh warga.

Dari hasil analisis Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Utara, diketahui jika paus jenis Sperma itu sudah empat hari mati sebelum ditemukan terdampar di Pantai Gusi oleh warga.

Sebelum terdampar di Pantai Gusi, Paus Sperma itu ditemukan oleh nelayan terombang ambing di perairan Buton Utara. Setelah dilakukan anisis, Paus Sperma berukuran 9,6 itu diketahui sudah mati empat hari.

Untuk penyebab kematian puas, dinas terkait belum mengetahuinya. Namun terdapat luka di beberapa bagikan tubuh paus, termasuk bekas gigitan ikan.

Kepala Seksi Sapras Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Buton Utara, Haidar Ha’ruff, menyebutkan, dalam waktu dekat ini bangkai paus sperma tersebut akan dievakuasi guna mencegah timbulnya parasit yang muncul dari bangkai ikan tersebut.

Tiga langkah akan dilakukan oleh pemda setempat, yakn mengubur bangkai paus, membakarnya, atau menarik paus ke tengah laut dari Kabupaten Buton Utara.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3429 seconds (0.1#10.140)